Infografik Kadar Alkohol dan Dampaknya Bagi Tubuh

Estimasi Baca :

Ilustrasi minum miras oplosan. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Ilustrasi minum miras oplosan. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id
Minuman keras atau minuman dengan kandungan alkohol saja sudah berdampak buruk bagi tubuh ketika dikonsumsi dengan tidak bijak, apalagi jika minuman tersebut dioplos dengan bahan-bahan berbahaya lainnya.

Kriminologi.id - Dalam dua pekan terakhir, berita tentang minuman keras atau miras oplosan seakan menjadi konsumsi pembaca sehari-hari. Dalam dua pekan itu pula 82 nyawa melayang akibat keracunan miras oplosan yang tersebar di sejumlah wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. 

Keracunan miras oplosan terjadi akibat masih awamnya masyarakat tentang dampak alkohol yang terkandung dalam miras oplosan serta dampaknya bagi tubuh. Minuman keras atau minuman dengan kandungan alkohol saja sudah berdampak buruk bagi tubuh ketika dikonsumsi dengan tidak bijak, apalagi jika minuman tersebut dioplos dengan bahan-bahan berbahaya lainnya.

Pada pengungkapan kasus miras di berbagai daerah ini ditemukan kandungan-kandungan berbahaya seperti tiner, aseton hingga methanol yang pada dasarnya tidak boleh dikonsumsi tubuh. Selain itu, didapati pula kandungan alkohol dengan kadar yang sangat jauh melebihi batas maksimal seperti di Cicalengka ditemukan kandungan alkohol dengan kadar 90 persen. Padahal, ambang batas maksimal kadar alkohol dalam minuman keras yang boleh dikonsumsi adalah 45 persen.

Lalu apa yang terjadi pada tubuh jika mengonsumsi alkohol melebihi ambang batas kewajaran? Berdasarkan riset dari lembaga rehabilitasi ketergantungan obat dan alkohol bernama Northpoint Recovery, berikut telah Kriminologi rangkum hal-hal apa saja yang terjadi pada tubuh apabila mengonsumsi alkohol di atas batas kewajaran yang tersaji dalam tampilan infografik di bawah ini.

Infografik data kadar alkohol dalam darah serta dampaknya bagi tubuh. Infografik: Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id

  DP

Baca Selengkapnya

Home Multimedia Infografik Infografik Kadar Alkohol dan Dampaknya Bagi Tubuh

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan tulis komentar kamu