CCTV pencurian minimarket di Penggilingan Cakung, Jakarta Timur, Minggu, (24/06/2018). Foto: Rahmat Kurnia/Kriminologi.id

Video Aksi Wanita Bersama Anaknya Curi Sabun di Minimarket Cakung

Estimasi Baca:
Senin, 25 Jun 2018 16:15:14 WIB

Kriminologi.id - Yulianti, wanita berpakain putih bersama seorang anak tertangkap kamera pengawas CCTV sedang mengutil sabun dan pewangi di minimarket daerah Penggilingan Cakung, Jakarta Timur, pada Minggu, 24 Juni 2018 malam.

Dari keterangan penjaga minimarket bernama Gita, kejadian berawal ketika tiga orang yakni Yulianti, Joni alias Ambon (DPO) dan seorang anak perempuan masuk ke minimarket menggunakan sepeda motor.

Saat itu Gita dan petugas kasir lainnya curiga dengan kedatangan mereka. Kecurigaan tersebut didasari wajah mereka sudah dikenali lantaran pernah tertangkap kamera CCTV melakukan pencurian pada Jumat, 22 Juni 2018. Namun aksi pertamanya itu berhasil lolos. 

"Pas dia masuk kita sudah curiga sama ini orang,  karena udah sempet ngambil barang disini terus kerekam CCTV tapi lolos," kata Gita saat dikonfirmasi, Senin, 25 Juni 2018 siang.

Karena rekam jejaknya telah dikantongi, petugas kasir langsung pasang mata tajam melakukan pengawasan gerakan mereka. Petugas memergoki aksi dua pelaku saat mengutil minyak wangi dan sabun. Saat aksinya ketahuan penjaga, pelaku mencoba melarikan diri. 

Yulianti tak bisa berkutik saat ditangkap petugas kasir yang dibantu warga. Sedangkan Joni dan seorang anak perempuan berhasil melarikan diri. 

Yulianti menangis histeris meminta untuk dilepaskan oleh warga yang menahannya. Menurut pengakuan Gita, barang yang dicuri pelaku yakni minyak wangi dan sabun.

"Itu dimasukin kedalam tas sama pelaku, minyak wangi 1, sama sabun 3," katanya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Cakung, AKP Tom Sirait mengatakan dari pemeriksaan pelaku Gita dirinya nekat mencuri karena kebutuhan ekonomi.

"Motifnya ekonomi, untuk kebutuhan hidup juga, itu dari keterangan pelaku,"kata Tom saat dikonfirmasi kriminologi, Senin, 25 Juni 2018 siang.

Dalam melancarkan aksi mengutilnya pelaku Yuli dibantu satu pelaku lain bernama Joni alias Ambon yang kini masih dalam perburuan kepolisian.

"Mereka temenan bukan suami istri, mereka Pelaku satunya sedang dicari sama anggota" katanya.

 MSA
KOMENTAR
500/500