Screenshot video pengejaran pencuri truk oleh polisi. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video: Bak Film Laga, Ini Aksi Polisi Kejar Pencuri Truk Tronton

Estimasi Baca:
Kamis, 18 Jan 2018 18:15:28 WIB

Kriminologi.id - Bak film laga, polisi melakukan aksi pengejaran terhadap pelaku pencurian truk bernomor polisi B 9917 UDC, Kamis, 18 Januari 2018. Pelaku yang kabur ke arah tol Cipali itu, akhirnya ditangkap petugas patroli jalan raya Cipali Subang bersama warga di dalam Hutan Gantar, Kabupaten Indramayu.

Kepala Unit patroli jalan raya atau PJR 9 Subang, AKP Azis Sarifudin menjelaskan bahwa aksi kejar-kejaran anggota PJR ini, berawal dari laporan TMC Mabes Polri bahwa ada pelaku pencurian sebuah truk dari arah merak, melaju ke tol Cipali.

"Kita sikapi laporan dari TMC Mabes Polri, perihal pelaku pencurian truk yang masuk ke tol Cipali dengan ciri-ciri bahwa telah terjadi curanmor truk no.pol B-9917-UDC di wilayah Gunung Putri Bogor, menurut Keterangan dari pemilik kendaraan dari pantauan GPS mengarah ke tol Cipali sehingga kita sikapi dengan pengejaran," kata AKP Azis kepada wartawan.

Azis menambahkan, bahwa pengejaran dilakukan dengan mengerahkan tujuh personel dan tiga unit kendaraan patroli PJR.

"Kita kerahkan tujuh personel dan tiga unit kendaraan patroli. Saat masuk cipali, kendaraan yang dicuri terpantau berada di dalam tol di KM 130 jalur A mengarah ke Jawa. Kita dekati dengan tiga kendaraan patroli lalu kendaraan kabur dengan kecepatan tinggi," ujarnya.

Saat keluar tol Cikedung pelaku membawa truk curiannya dengan kecepatan elaju kencang kemudian menabrak plang pintu tol Cikedung. Sesampainya di pasar Haurgeulis, kendaraan truk ini tetap melaju kencang hingga menyenggol kendaraan lain di sekitar jalan depan pasar.

"Seperti aksi kejar-kejaran di film, saat masuk pasar Haurgeulis kendaraan kecil di sekitar jalan depan pasar banyak yang disenggol truk ini," paparnya.

Melihat aksi pengejaran oleh Polisi semakin banyak, pelaku mengarahkan kendaraannya ke arah Buah Dua Sumedang. Tepat di wilayah Paseh Dusun Burujul Desa Gendereh Kecamatan Buah Dua Sumedang sekitar 1 jam dari gerbang tol Cikedung, mobil pelaku pun terguling

Saat dicek petugas PJR, pelaku berhasil kabur ke arah hutan Gantar yang berbatasan dengan Buah dua. Berkat bantuan warga akhirnya pelaku ditanggap

"Kami mengejar sejak pagi pukul 07.30 WIB lalu pelaku berhasil diamankan warga pukul 09.30 WIB. Pelaku sempat diamuk massa, namun petugas polisi hutan ikut membantu mengamankan pelaku untuk dibawa ke Polisi," kata AKP Azis.

Setelah ditangap pelaku dibawa ke Satreskrim Polres Subang beserta barang bukti yakni satu unit truk tronton. Kasatreskrim Polres Subang, AKP Mohammad Ilyas saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan oleh unit PJRTol Cipali Subang terhadap pelaku pencurian truk.

"Benar tadi pagi diamankan pelaku pencurian truk oleh PJR tol Cipali Subang, dan kini pelaku masih dilakukan pemeriksaan terkait aksi pencurian truk yang dilakukannya," jelas Kasatreskrim saat dihubungi Kriminologi.

Reporter: Arief Pratama
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500