Bendera bintang kejora muncul di Australia. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video: Bendera Papua Merdeka Muncul di Sydney Opera House

Estimasi Baca:
Senin, 27 Nov 2017 18:20:34 WIB

Kriminologi.id - Bendera Bintang Kejora yang identik dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) dipertontonkan pada sebuah pertunjukkan budaya di Sydney Opera House, Australia, Minggu, 26 November 2017 sekitar pukul 8 malam waktu setempat.

Dari video yang diterima Kriminologi, tampak dua penari memamerkan bendera Bintang Kejora dalam sebuah pertunjukan tarian pada acara bertajuk Homeground a Celebration of First Nations Culture. Acara itu berlangsung selama dua hari sejak 25 hingga 26 November 2017.

Dalam acara itu hadir mahasiswa asal Indonesia sebagai penonton, dan kemudian menceritakan tentang tarian berbendera bintang kejora itu kepada Kriminologi.

"Mereka mewakili West Papua, tampil setelah kebudayaan Nepal dan Fiji," ujar salah satu mahasiswa asal Indonesia di Australia kepada Kriminologi, Senin, 27 November 2017.

Reaksi penonton yang menyaksikan acara tersebut pun tidak ada yang berlebihan, semuanya tampak lebih menikmati pertunjukkan.

Bendera Bintang Kejora adalah simbol dan kesepakatan rakyat Papua yang mewakili tata nilai dan kepercayaan Papua yang pada akhirnya digunakan simbol kemerdekaan Papua Merdeka.

Reporter: Adryan Novandia
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500