Ilustrasi Whisper. Foto: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Video Cara Bijak Menanggulangi Prostitusi Online

Estimasi Baca:
Jumat, 27 Apr 2018 15:25:19 WIB

Kriminologi.id - Sebuah aplikasi jejaring sosial bernama Whisper telah disalahgunakan untuk memudahkan kegiatan prostitusi online di Jakarta. Aplikasi ini memang mengedepankan prinsip anonimitas sehingga para penggunanya tidak harus memberitahukan identitas dirinya.

Sebelumnya Kriminologi.id telah menemukan beberapa layanan seksual yang disajikan di Whisper oleh para penggunanya. Layanan ini ditawarkan oleh para pengguna Whisper melalui unggahan-unggahan di aplikasi tersebut.

Maraknya prostitusi online yang terjadi di Whisper berbanding lurus dengan perkembangan teknologi saat ini. Bagi Kisnu Widagso, kriminolog pakar kejahatan siber, kondisi tersebut terjadi karena adanya pergeseran karakteristik kejahatan. Pelaku kejahatan dan korbannya tidak harus ketemu di satu tempat.

Berikut ini wawancara terkait prostitusi online di Indonesia:

Aplikasi Whisper yang memfasilitasi terjadinya transaksi seksual adalah satu contoh dari banyaknya aplikasi dan website yang memiliki peran serupa. Mudahnya akses terhadap situs dan aplikasi tersebut menyebabkan anak-anak juga bisa turut berinteraksi dalam aplikasi maupun situs tersebut.

Hal tersebut harus menjadi perhatian semua pihak bahwa ada ancaman nyata terhadap anak-anak, sehingga orang tua harus memberikan perhatian secara khusus. Selain itu, pemerintah dan aparat penegak hukum juga harus memperhatikan pergeseran karakteristik kejahatan yang disebabkan perkembangan teknologi sehingga dapat menutup celah-celah yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.

Infografik Cara Bijak Menanggulangi Prostitusi Online. Infografik: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

KOMENTAR
500/500