Puncak Gunung Rinjani longsor pasca terjadi gempa. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Detik-Detik Puncak Gunung Rinjani Longsor Akibat Gempa Bumi NTB

Estimasi Baca:
Minggu, 29 Jul 2018 17:05:23 WIB

Kriminologi.id - Sebuah video yang memperlihatkan detik-detik longsor pasca terjadinya gempa di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat atau NTB tepatnya di Puncak Gunung Rinjani beredar di media sosial. Video tersebut viral usai diunggah oleh akun Twitter @herupurnama171 pada Minggu, 29 Juli 2018.

Dalam video berdurasi 22 detik tersebut nampak dari atas puncak Gunung Rinjani terjadi tanah longsor yang disebabkan oleh gempa bumi. Para pendaki yang merekam kejadian itu pun terlihat panik.

"Ya Allah nasib baik aku tak turun Ya Allah," ujar salah satu pendaki di dalam rekaman video tersebut.

Sementara itu, melalui akun Twitternya @Sutopo_PN Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jalur pendakian Gunung Rinjani saat ini ditutup.  

"Debu beterbangan akibat longsor dari puncak Gunung Rinjani akibat diguncang gempa 6,4 SR. Aparat masih melakukan pendataan. Pendakian ditutup," tulis Sutopo dalam akun Twitter.

Akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 SR tersebut, dilaporkan 13 orang meninggal dunia, ratusan orang terluka dan ribuan rumah hancur. AS

Reporter: Amin H. Al Bakki
Multimedia: Amin H. Al Bakki
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500