Cuplikan video detik-detik tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba Foto: Ist/Kriminologiid

Video Detik-detik Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Estimasi Baca:
Rabu, 20 Jun 2018 15:01:11 WIB

Kriminologi.id - Detik-detik kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba Parapat, Sumatera Utara pada Senin, 18 Juni 2018 beredar di media sosial.

Video itu viral di media sosial usai diunggah oleh akun Facebook bernama Maswarno pada hari yang sama. Dalam video tampak korban berusaha menyelamatkan diri saat detik-detik tenggelamnya KM Sinar Bangun. 

Jumlah anggota keluarga hilang yang dilaporkan masyarakat akibat tenggelam kapal kayu KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, tercatat 189 orang. Menurut polisi, penumpang yang mengunakan jasa kapal angkutan itu melebihi jumlah yang diperkirakan.

Polda Sumatera Utara mencatat, data jumlah kehilangan keluarga itu di Posko Simanindo, Kabupaten Samosir tercatat 189 orang. Sebelumnya, data jumlah kehilangan keluarga tercatat 105 orang.

Diberitakan sebelumnya, KM Sinar Bangun mengangkut sekitar 80 penumpang, diperkirakan tenggelam sekitar satu mil dari dermaga Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin, 18 Juni 2018, sekitar pukul 17.30 WIB.

Kapal tersebut berangkat dari Dermaga Simanindo, Kabupaten Samosir menuju Pelabuahan Tigaras, Kabupaten Simalungun. Kapal itu dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun.

Sebelum tiba di Dermaga Tigaras, KM Sinar Bangun oleng akibat pengaruh cuaca buruk berupa angin kencang dan ombak cukup besar. Kapal akhirnya tenggelam, sedangkan penumpang panik dan banyak yang melompat ke perairan Danau Toba untuk menyelamatkan diri.

KOMENTAR
500/500