Pelaku pengedar sabu-sabu serta barang bukti yang diamankan di kapal Baladewa, Samarinda, Kalimantan Timur, (10/01/2018). Foto: Ist/Kriminologi.id

Video: Edarkan Sabu, Ibu Rumah Tangga Ditangkap Di Samarinda

Estimasi Baca:
Kamis, 11 Jan 2018 18:25:05 WIB

Kriminologi.id - Tersangka pengedar narkoba ditangkap di Kelurahan Sultan Alimudin, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu, 10 Januari 2018. Ketiga tersangka adalah dua ibu rumah tangga dan seorang kakek yang bernama Aisah (44), Ria (35) Abdul (73).

Saat ditangkap Anak Buah Kapal atau ABK Baladewa Baharkam Dit Pol Air Mabes Polri ditemukan barang bukti 1.27 paket kecil seberat 0,31 gram hingga 0,46 gram sabu-sabu. Polisi juga menemukan 8 paket sabu-sabu jumlah besar seberat 5 gram termasuk 3 unit alat timbang 2 unit, alat isap atau bong 1 buah, korek api 1 buah, uang Rp 40 ribu beserta tas kecil 2 buah.

Terbongkarnya peredaran narkoba tersebut saat Brigadir Kris dan Briptu Carlos melakukan penyamaran dengan cara memancing dan membeli 1 paket sabu- sabu seharga Rp 200 ribu. Area sungai Mahakam adalah tempat transaksi narkoba yang kerap dilakukan oleh ABK.

Tersangka atas nama Aisah kemudian memberikan 1 paket sabu- sabu tersebut. Kemudian polisi melakukan penangkapan. Dari hasil penggeledahan polisi mengamankan 27 paket kecil kurang lebih dengan berat 0,4 gram. Polisi kemudian menyusuri rumah pelaku dan menemukan sebuah ruang yang di dalamnya ditemukan 8 paket besar masing-masing kurang lebih 5 gram.

Baca: Dua Ibu Rumah Tangga Bersama Seorang Kakek Edarkan Sabu

Terbongkarnya perederan narkoba di sungai Mahakam, akibat adanya informasi dari masyarakat karena kerap terjadi transaksi di wilayah tersebut. Sekedar informasi, transaksi narkoba di sungai Mahakam begitu mudah, kalangannya adalah para ABK dan warga sekitar penikmat barang haram tersebut.

Komandan Kapal Baladewa Kompol Jazuli Dani Irawan mengatakan, peredaran narkoba di wilayah tersebut begitu gampang seperti membeli kacang.

Jazuli menduga, peredaran narkoba yang terjadi di sungai Mahakam berasal dari Tawau Malaysia, karena jarak Tawau dan sungai Mahakam tidak terlalu jauh.

Baca: 31,09 Gram Sabu Ditemukan dari Penangkapan Dua Bandar Sabu di Langka

"Sejauh ini, pelaku mengaku sudah menjalani bisnis haram ini sekitar satu tahun yang lalu," ujarnya.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku ditangkap lalu diserahkan ke Subdit Gakum Polair Polda Kaltim. AS

KOMENTAR
500/500