Evakuasi korban selamat pesawat Dimonim Air. Foto: Kodam XVII/Cenderawasih/Facebook

Video Evakuasi Korban Selamat Jatuhnya Pesawat Dimonim Air di Papua

Estimasi Baca:
Senin, 13 Ags 2018 08:55:15 WIB

Kriminologi.id - Sebuah video evakuasi penumpang pesawat Dimonim Air yang jatuh di Gunung Menuk, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, beredar di media sosial pasca diunggah akun Kodam XVII/Cenderawasih. 

Dalam video yang diunggah pada Minggu, 10 Agustus 2018, tim SAR gabungan tengah berusaha mengevakuasi seorang penumpang pesawat yang berhasil selamat dari insiden jatuhnya pesawat Dimonim Air.

Dalam video tersebut nampak evakuasi bermula dari ditemukannya titik jatuh pesawat dengan nomor penerbangan PK HVQ tersebut. Nampak tim SAR bersama masyarakat Oksibil berhasil menemukan seorang penumpang yang berhasil selamat.

Diketahui, penumpang tersebut bernama Jumadi (12). Ia merupakan satu-satunya penumpang yang selamat dari total sembilan penumpang di dalam pesawat nahas tersebut.

Petugas gabungan langsung memberikan selimut ke Jumadi. Ia dalam kondisi sadar saat ditemukan. Dari keterangan video yang ditulis di akun Facebook Kodam XVII/Cenderawasih diketahui penyelamatan tersebut berlangsung pada Minggu pagi, 10 Agustus 2018.

"Korban selamat atas nama Jumaidi yang diperkirakan berusia 12 tahun. Pada pukul 08.50 (WIT) korban selamat telah dievakuasi menuju RSUD Oksibil," tulis akun tersebut.

Tak lama berselang, korban pun langsung dievakuasi oleh tim SAR gabungan untuk dibawa menuju ke RSUD Oksibil.

Seperti diketahui, pesawat milik Dimonim yang dipiloti Leslie Sevove dan co-pilot Wayan Sugiarta, terbang dari Tanah Merah, Sabtu, 11 Agustus 2018, pukul 13.42 WIT. Pesawat itu dijadwalkan tiba di Oksibil pukul 14.20 WIT.

Tujuh penumpang yang ikut dalam pesawat tersebut yakni Sudir Zakana, Martina Uropmabin, Hendrikus Kamiw, Lidia Kamiw, Jamaludin, Naimus, dan Jumaidi.

Reporter: Amin H. Al Bakki
Multimedia: Amin H. Al Bakki
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500