H (28) pasca dievakuasi dari gua batu, tempatnya disekap selama 15 tahun. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Evakuasi Wanita Disekap 15 Tahun oleh Dukun di Gua Batu Tolitoli

Estimasi Baca:
Selasa, 7 Ags 2018 08:30:27 WIB

Kriminologi.id - Sebuah video evakuasi wanita berinisial H (28) yang diculik dan disekap selama 15 tahun viral di media sosial. Video tersebut ramai diperbincangkan warganet usai diunggah akun Facebook Fanny Liem pada Senin, 6 agustus 2018.

Di video berdurasi 15 menit tersebut, nampak keseluruhan proses evakuasi H dari dalam gua batu yang berada di Desa Bajugan, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Nampak sejumlah perangkat desa serta polisi bersenjata laras panjang turut membantu proses evakuasi tersebut.

Dari video tersebut juga nampak gua yang menjadi lokasi penyekapan H selama 15 tahun nampak tertutup dengan batu besar dan pohon. Sementara lubang atau mulut gua ditutupi dengan semak-semak. Letak gua berada di pertengahan kebun yang cukup jauh dari pemukiman warga sekitar.

Saat ditemukan, H dalam kondisi tak mengenakan busana atau telanjang. Ia pun diberikan busana berupa jaket serta sarung untuk menutupi tubuhnya. Begitu H berhasil dikeluarkan dari dalam gua, ia pun langsung dibawa menuju ke rumah keluarganya.

Saat tiba di pemukiman warga, salah seorang wanita yang diduga anggota keluarga H menangis terharu dan langsung memeluknya. Wanita itu terus memeluk erat dan menciumi pipi H yang nampak bergeming.

Seperti diketahui, H diculik dan disekap oleh pria yang berprofesi sebagai dukun desa bernama Tete jago (83). H diculik sejak usianya baru 13 tahun yakni pada tahun 2003 dan baru ditemukan pada hari Minggu, 5 Agustus 2018.

Sementara itu, hingga berita ini dibuat video yang diunggah Fanny Liem telah dilihat sebanyak 24 ribu kali dan telah dibagikan warganet sebanyak 800 kali. 

Reporter: Amin H. Al Bakki
Multimedia: Amin H. Al Bakki
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500