Suasana saat warga lari berhamburan akibat gempa susulan di Lombok Timur, NTB. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Gempa Susulan Guncang Lombok NTB, Warga Berhamburan

Estimasi Baca:
Minggu, 29 Jul 2018 18:30:54 WIB

Kriminologi.id - Sebuah video yang merekam terjadinya gempa susulan di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat atau NTB beredar di media sosial. Video tersebut viral usai diunggah oleh akun Twitter Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulan Bencana atau BNPB Sutopo Purwo Nugroho pada Minggu, 29 Juli 2018.

Dalam video berdurasi 45 detik tersebut, nampak kondisi bangunan sebuah ruang Unit Gawat Darurat atau UGD Puskesmas Sembalun, Lombok Timur, pasca diguncang gempa berkekuatan 6,4 SR. Terlibat puing-puing bagian atas bangunan runtuh dan berserakan di halaman puskesmas.

Salah satu warga terlihat berada di depan ruang masuk UGD untuk memastikan tidak ada pasien yang masih berada di dalam ruangan. Saat melakukan pengecekan, tiba-tiba terjadi gempa susulan.

Warga yang panik langsung lari berhamburan menjauhi area gedung puskesmas dan menuju ke jalan raya. Beberapa warga juga menghimbau untuk menjauhi tiang listrik yang dikhawatirkan roboh apabuila terjadi gempa susulan.

Sementara itu, dalam keterangan video yang diunggahnya, Sutopo Purwo Nugroho menyebut hingga pukul 08.09 WIB, telah terjadi gempa susulan sebanyak 43 kali.

"Gempa susulan 43 kali sampai 29/7/2018 pukul 08.09 WIB. BPBD masih melakukan pendataan. Korban diperkirakan bertambah. Masyarakat dan turis diminta tenang adanya gempa susulan," tulis Sutopo.

Sutopo menjelaskan akibat dari gempa tersebut dilaporkan hingga saat ini korban sementara meninggal dunia 13 orang, sementara ratusan orang terluka dan ribuan rumah rusak. AS

Reporter: Amin H. Al Bakki
Multimedia: Amin H. Al Bakki
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500