Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Topa Sulaa. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Buton Selatan

Estimasi Baca:
Kamis, 6 Sep 2018 20:10:09 WIB

Kriminologi.id - Vdeo yang memperlihatkan Kapal Motor Samudra terbakar di Pelabuhan Topa Sulaa, Kabupaten Buton Selatan beredar di media sosial. Video tersebut beredar usai diunggah oleh akun Muh Nanang Cleon pada Kamis, 6 September 2018.

Kapal yang terbakar itu diketahui bermuatan bahan bakar minyak jenis premium dan minyak tanah masing-masing sebanyak 5 ton.

Saat insiden terbakarnya kapal, para anak buah kapal atau ABK yang berjumlah empat orang terjun ke laut untuk menyelamatkan diri. 

"Kapal terbakar saat akan melakukan pelayaran menuju Pulau Siompu," kata Humas Badan Sar Nasional (Basarnas) Kendari, Wahyudi di Sulawesi Tenggara, Kamis, 6 September 2018.

Wahyudi mengatakan, kapal seberat 10 gross ton itu terbakar pada pukul 11.20 WITA engan diawali ledakan. Ketika itu seorang ABK kapal hendak menyalakan mesin kapal. Namun tiba-tiba langsung terjadi ledakan hingga membuat kapal langsung terbakar.

Wahyudi yang mendapatkan laporan adanya kapal terbakar segera berkoordinasi dengan tim Pos SAR Baubau. Beranggotakan lima personel, pihaknya langsung bergerak menuju ke tempat kejadian perkara atau TKP.

"Tim rescue Sar berangkat dengan menggunakan Rubber Boat," ujarnya.

Beruntung, dalam insiden kebakaran kapal tersebut tidak ada korban jiwa. Para ABK berjumlah 4 orang di antaranya bernama Anwar (44), La Sura (60), La Uba (25), La Aco (52) selamat setelah mereka menerjunkan diri ke laut. 

Sementara kapal yang terbakar, kata Wahyudi, didorong oleh para ABK ke tengah laut, sehingga kapal hanyut. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lebih besar karena api bisa merembet ke kapal lain. 

“Seluruh ABK kapal berjumlah 4 orang mendorong kapal sehingga hanyut. Dan semua ABK melompat ke laut untuk menyelamatkan diri, kemudian berenang untuk naik kembali ke dermaga,” katanya.

Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500