Kiai gadungan rampas harta nenek. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video: Kiai Gadungan Rampas Harta Nenek

Estimasi Baca:
Selasa, 28 Nov 2017 22:05:09 WIB

Kriminologi.id - Polda Jawa Timur menangkap pelaku perampasan dan penipuan berkedok kiai, Selasa, 28 November 2017. Ketiga pelaku berinisial YZ, YS dan SS ini nekat merampas harta korban. Modusnya, pelaku lebih dahulu berceramah agar korban memberikan sejumlah uang.

Kriminologi  menelusuri informasi dan menemukan video tentang modus baru kiai gadungan yang melakukan tindakan kejahatan. Aksi kiai gadungan itu terekam CCTV lalu beredar di jagat maya usai diunggah oleh akun Youtube yang bernama Riski Creative pada, 28 Oktober 2017.

Dalam video berdurasi 7 menit itu, terlihat mobil jenis Avanza berhenti di lokasi kejadian. Lalu seseorang yang duduk di bangku depan sebelah kiri turun dari mobil dan berpura-pura menanyakan alamat. Lalu pelaku membuka pintu belakang yang berisi seorang yang berpura-pura menjadi sosok ulama.

Kemudian salah satu pelaku mengajak korban yang dimintai tolong itu mendekat ke mobil dan dikenalkan dengan penumpang yang berpakaian seolah-olah ulama. 

Saat di samping mobil korban diberikan ceramah agama oleh si kiai gadungan. Korban pun disuruh memberikan barang secara sukarela, namun saat korban tidak menyerahkan barang, mereka nekat merampasnya secara paksa.

Setalah menjalankan aksinya secara keji, komplotan itu meninggalkan korban sendiri di tengah jalan.

Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500