Kisah Penyelamatan Sandera KKB di Tembagapura. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video: Kisah Penyelamatan Sandera KKB di Papua

Estimasi Baca:
Jumat, 17 Nov 2017 15:30:01 WIB

Kriminologi.id - Satuan Tugas atau Satgas Terpadu Brimob Polda Papua berhasil merebut wilayah Kampung Banti dan Kimbeli, Distrik Tembagapura, Papua yang sebelumnya dikuasai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata pada Jumat pagi, 17 November 2017.

Meski sempat mendapat perlawanan dari KKB, Satgas berhasil menguasai dua desa yang telah diisolasi KKB selama lebih dari sepekan. Setelah wilayah berhasil dikuasai, personel beserta rombongan pasukan lainnya langsung menuju lokasi para warga sipil yang ditahan untuk selanjutnya melakukan proses evakuasi secara bertahap.

Dilaporkan sebelumnya, ada 1.300 orang warga dua desa yang disandera oleh kelompok bersenjata dan tidak diperbolehkan meninggalkan desa.

Lihat: Detik-detik Pembebasan Sandera Tembagapura

Para warga sipil dari dua desa tersebut diangkut oleh 4 bus dan telah tiba di Sport Hall Tembagapura yang terletak di Mile 68 sambil menunggu proses evakuasi yang berjalan secara bertahap. Mereka dalam kondisi tertekan dan kekurangan bahan makanan karena tak bisa meninggalkan desa. KKB menyandera warga untuk dijadikan tameng pertahanan jika aparat keamanan melakukan penyerangan. 

Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500