Masjid di Desa Lading-Lading, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara roboh dan diduga menimbun belasan jamaah yang melakasanakan shalat Isya. Foto: @Sutopo_PN/Twitter

Video Masjid di Lombok Roboh Akibat Gempa dan Timbun Seluruh Jemaah

Estimasi Baca:
Senin, 6 Ags 2018 18:58:17 WIB

Kriminologi.id - Video robohnya sebuah masjid yang berada di Desa Lading-Lading, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, viral di media sosial. Video tersebut ramai ditonton warganet usai diunggah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter miliknya.

Melalui akun Twitter @Sutopo_PN, Kepala BNPB membagikan dua video yang menampakkan kondisi robohnya bangunan masjid usai diguncang gempa bermagnitudo 7 pada Minggu, 5 Agustus 2018 malam.

Di video pertama yang diunggah pada pukul 13.15 WIB, Senin, 6 Agustus 2018 siang, nampak bangunan masjid yang diduga memiliki ketinggian dua lantai porak-poranda. Nampak atap masjid roboh hingga menyentuh pondasi masjid.

Sementara itu, seseorang yang telah merekam video tersebut berujar jika seluruh jemaah dalam masjid tersebut belum bisa dievakuasi.

"Jadi ini terlihat dari sandal-sandal jamaah yang masih ada, tapi satu pun (jemaah) yang ada di dalamnya belum ada yang bisa dievakuasi,'' ujar perekam video.

Dalam video kedua yang diunggah Sutopo Purwo Nugroho nampak satu buah alat berat tengah melakukan evakuasi untuk membongkar puing-puing reruntuhan masjid yang roboh.

Nampak kubah masjid yang berwarna hijau telah roboh dan rusak sementara bangunan masjid telah rata dengan tanah.

"Alat berat sudah datang untuk melakukan evakuasi korban jamaah salat Isya yang tertimpa masjid roboh di desa Lading-Lading, Kec Tanjung Kab Lombok Utara. Korban sedang salat tiba-tiba atap masjid roboh diguncang gempa 7 sr di Lombok Utara," tulis Sutopo.

Reporter: Amin H. Al Bakki
Multimedia: Amin H. Al Bakki
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500