Screenshoot video anak pengemis yang terlantar. Foto: Instagram/nanaaelena

Video Miris Pengamen Telantarkan Bayi 11 Bulan di Lantai Minimarket

Estimasi Baca:
Kamis, 15 Feb 2018 17:15:11 WIB

Kriminologi.id - Video miris yang memperlihatkan seorang pengamen menggeletakkan bayi berusia 11 bulan di lantai toko minimarket beredar di media sosial. Video itu viral seusai diunggah oleh akun instagram bernama @nanaaelena pada hari Rabu, 14 Februari 2018.

Dalam video nampak bayi malang berbaju biru itu tergeletak lemas di lantai minimarket, sementara pengamen sedang menghitung uang di kursi. Pemilik akun yang menggunggah video juga menyertakan keterangan.

Jujur aku sangat peduli sekali dengan anak2, hati aku tergerak ketika aku melihat anak bayi yang berumur 1th ini terbaring lemas di lantai, dan mencoba untuk duduk tetapi anak tersebut tidak mampu untuk duduk.
Dan sempat beberapa kali anak ini terjatuh di lantai , aku sebagai perempuan yanh punya hati tentu nya sedih dan prihatin melihat anak bayi berumur 1th, tengah malam tapi masih belum istrahat.
Aku mencoba untuk mendeketi anak tersebut, dan mencoba untuk menggendong nya, dengan cara supaya bapak yang sedang duduk di kursi (yang sedang menghitung uang hasil ngamen menggunakan suling) tidak merasa tersinggung.
Aku ga tau harus gimana, tapi karyawan alfamart tersebut bilang, bahwa anak yang itu adalah anak sewaan.
Aku juga sempat menyakan kepada bapak yang duduk di kursi itu , bahwa ini anaknya bukan?
Anaknya kenapa lemas ?
Umur berapa ?
Tapi si bapak bilang ,“gatau ibunya yang ngurus, udah di pegang2 banyak orang juga”
Ada yang aneh ga sih menurut kalian ? 
Seharusnya anak itu harus di jaga dan di lindungi.karena anak adalah Titipan dari Tuhan. Bukan malah di sewakan untuk ngamen di jalanan. 
Aku yakin banget, akan berpengaruh untuk kesehatan dan pertumbuhan si anak, jika setiap hari harus memiliki rutinitas seperti yang di video itu.
Mudah2n orang tua anak ini bisa sadar, bahwa yang di lakukan nya itu ga baik untuk anaknya

Baca: Pengamen Telantarkan Anak di Minimarket Menteng Berdalih Cari Ibunya

Berbekal rekaman video itu, unit  Perlindungan Perempuan dan Anak atau PPA Polres Metro Jakarta Pusat kemudian menangkap Zafrul  (60) seorang pengamen yang menelantarkan bayi malang itu.

Zafrul yang sehari-harinya mencari nafkah dengan cara mengamen menggunakan suling itu ditangkap pada Rabu, 14 Februari 2018 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tak jauh dari lokasi minimarket itu.

"Iya betul, kami sudah amankan yang bersangkutan (Zafrul), yang diketahui telah menelantarakan anak kandungnya," ucap Kepala Sub Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat, Kompol Suyatno saat dikonfirmasi, Kamis, 15 Februari 2018.

Setelah ditangkap Zafrul menggelandang ke Polres Jakarta Pusat guna dimintai keterangan. Pengakuan pria 60 tahun itu menyebutkan, ia tega membawa anaknya mengamen agar mendapat empati dari masyarakat dan mendapat uang yang lebih. 

KOMENTAR
500/500