Oknum Dishub yang marah saat aksi punglinya terekam kamera sopir truk. Foto: Andre Li/Facebook

Video Oknum Dishub Marah saat Terekam Lakukan Pungli di Pantura

Estimasi Baca:
Jumat, 7 Sep 2018 12:55:51 WIB

Kriminologi.id - Sebuah video yang memperlihatkan aksi oknum Dinas Perhubungan atau Dishub yang lakukan pungutan liar atau pungli viral di media sosial. Video tersebut viral usai diunggah akun Facebook Andre Li pada Kamis, 6 September 2018.

Dalam rekaman video berdurasi sekitar 1 menit itu, terlihat detik-detik oknum Dishub tengah melakukan pungutan liar terhadap salah satu sopir truk di atas pembatas jalan. Sopir truk tersebut terlihat menghampiri oknum Dishub dan memberikan sejumlah uang.

Menyadari aksinya sedang terekam oleh ponsel milik kondektur truk yang melintas, oknum Dishub yang melakukan pungli itu marah lalu berlari ke depan truk yang melintas perlahan.

Oknum Dishub yang mengenakan seragam lengkap dengan topi itu lalu menunjuk ke arah ponsel yang diletakkan di dashboard truk dan digunakan untuk merekam. Oknum itu pun sempat menggedor kaca depan truk dan menanyakan tentang ponsel tersebut.

"Hape-mu buat apa hape?" ujar oknum Dishub sambil berteriak.

Oknum itu pun mengarahkan sopir truk untuk menepikan kendaraannya ke arah bahu kiri jalan. Selanjutnya, oknum tersebut kembali menggedor kaca depan truk hingga membuat ponsel yang digunakan untuk merekam terjatuh.

Berdasarkan keterangan di video, aksi pungutan liar ini diduga terjadi di Jalur Pantura, sekitaran Subang, Jawa Barat.

"Monggo pihak terkait segera di tindak. Kalau diamati TKP di Pantura," tulis Andre dalam keterangan video.

Sementara itu, 12 jam sejak diunggah, video tersebut telah dilihat sebanyak 45 ribu kali dan telah dibagikan oleh 320 warganet. 

 

 

Reporter: Amin H. Al Bakki
Multimedia: Amin H. Al Bakki
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500