Penangkapan Pembobol Bagasi Penumpang Pesawat di Pangkalpinang. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Penangkapan Pembobol Bagasi Pesawat di Pangkalpinang

Estimasi Baca:
Selasa, 4 Sep 2018 20:45:45 WIB

Kriminologi.id - Polisi menangkap 3 orang terkait kasus pembobolan bagasi penumpang pesawat di Bandara Depati Amir, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa, 4 September 2018.

Dari barang bukti yang diamankan petugas, diketahui tersangka adalah seorang karyawan perusahaan bagian bagasi bandara tersebut.

Dari video yang diterima Kriminologi.id tampak petugas menemukan barang bukti berupa barang curian pelaku di bagasi pesawat. Barang curian tersebut disembunyikan pelaku dalam sebuah kotak bungkusan di semak-semak. 

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima redaksi Kriminologi.id, kasus tersebut bermula ketika salah satu penumpang Lion Air melaporkan kehilangan barang kepada petugas pada 2 September 2018. Penumpang tersebut mengaku telah kehilangan barang berupa rokok elektrik atau vape yang tersimpan dalam tas terkunci saat melakukan penerbangan dari Pangkalpinang menuju Palembang.

Pihak Lion Air yang menerima laporan, langsung membuat berita acara dan berkoordinasi dengan Protokol Polda brenama Brigadir Michael, Pospol Bandara, Aipda Ferdyan, Bripka Marpaung, Bripda Heri serta pihak otoritas AVSEC Bandara Depati Amir.

Seorang saksi yang tak lain rekan tersangka membenarkan bahwa dirinya melihat tersangka membongkar koper  atau tas milik penumpang. Setelah dilakukan interograsi kepada beberapa saksi, petugas melanjutkan pengembangan kasus tehadap tersangka pembobolan bagasi.

Setelah itu, petugas bersama tersangka kemudian menuju tempat kost tersangka di jalan Air Itam tepatnya belakang Kantor PDIP, pada 4 September 2018 pukul 01.00 WIB. Saat sampai di tempat kost tersangka, petugas menemukan beberapa barang bukti yang disimpan rekan tersangka dalam sebuah kotak bungkusan di semak-semak belakang kost.

Usai dilakukan pengecekan dari berita acara kehilangan barang penumpang maskapai Lion Air, ditemukan kecocokan beberapa barang elektronik seperti ponsel, jam tangan, Vape, serta dompet milik penumpang.

Tersangka dan saksi kemudian diamankan ke Polsek Pangkalan Baru untuk penyelidikan lebih lanjut terkait tindak pidana kasus pencurian atau pembobolan.

Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500