Pendaki Tewas Lantaran Hiportemia di Gunung Slamet. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Pendaki Tewas Lantaran Hipotermia di Gunung Slamet

Estimasi Baca:
Senin, 14 Mei 2018 19:51:39 WIB

Kriminologi.id - Seorang pendaki  bernama Dimas Permana Putra asal Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, meninggal dunia karena hipotermia di Gunung Slamet, Minggu, 13 Mei 2018.

Video detik-detik peristiwa terekam kamera kemudian beredar di media sosial usai diunggah oleh akun Instagram @riezky.rb pada hari yang sama

"inalillahi wainailaihi rojiun...13 mei 2018 telah pergi sahabat kita Dimas Permana 30th asal Purworejo beliau meninggal jam 12 siang waktu di pos 1 setelah turun muncak dari gunung slamet meninggal karena hipotermia" tulis akun tersebut pada keterangan video. 

Dalam video tampak jenazah koban sedang digotong oleh tim SAR ke Basecamp pendakian Gunung Slamet. 

Dilansir dari Antara, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga Prayitno mengatan bahwa korban berangkat mendaki Gunung Slamet pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 bersama teman, Heru Iswanto (38), warga Desa Bedali RT 03 RW 02, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan keduanya yang merupakan penyandang tunawicara.

Sementara itu dilaporkan oleh Heru Iswanto kepada petugas Dinporapar Purbalingga di Pos Pendakian Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, pada hari Minggu 13 Mei 2018, sekitar pukul 11.00 WIB.

"Dalam laporannya, Heru mengaku sempat meninggalkan korban yang sakit di Pos VII dan melanjutkan perjalanannya ke puncak. Selanjutnya, Heru kembali turun dan melaporkan kejadian itu ke petugas di Pos Bambangan," kata Prayitno.

Terkait dengan laporan tersebut, Prayitno mengatakan tim SAR segera mendaki Gunung Slamet untuk mengevakuasi korban.

Korban yang meninggal dunia tersebut dibawa ke Puskesmas Karangreja untuk menjalani pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas puskesmas dan Inafis Polres Purbalingga.

KOMENTAR
500/500