ATP atau Ango pembuat miras jenis ciu di Gambir, Jakarta Pusat. Foto: Walda Marison/Kriminologi.id

Video Pengakuan Janda Ango Peracik Miras Ciu di Gambir saat Digerebek

Estimasi Baca:
Kamis, 19 Apr 2018 22:23:50 WIB

Kriminologi.id - Polres Jakarta Pusat menggerebek pabrik miras jenis ciu olahan di Jalan Sinyar 2, Kelurahan Duri Pulo, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis, 19 April 2018. Dalam penggerebekan itu polisi menangkap janda beranak tiga dengan julukan Ango (65) pemilik  sekaligus peracik miras jenis ciu olahan.

Saat penggerebekan Kriminologi.id mendapatkan pengakuan Ango sang pemilik pabrik ciu terkait aktifitasnya membuat miras jenis ciu dalam bentuk video.

Berikut ini videonya:

Dari penggerebekan itu, polisi berhasil menyita 13 drum berisi bahan ciu olahan yang siap untuk di fermentasi. Ango, pemilik dan peracik minuman tersebut meracik minuman keras itu tanpa dibantu pihak lain.

Produksi miras rumahan itu sudah beroperasi selama lima tahun. Ango mengaku belajar mengolah ciu dari suami yang sudah meninggal beberapa tahun lalu. Selama beroperasi, Ango kerap menggunakan bahan bahan yang tidak layak untuk dikonsumsi. Proses pembuatnya pun tidak memenuhi standar operasi yang berlaku dan tidak memiliki izin. Bahan ciu itu terbuat dari beras merah, beras putih dan gula. 

Atas perbuatannya,  tersangka dikenakan pasal   142 UU RI No 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan pasal 26 ayat 1 UU RI No 8 Tahun 2009 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Reporter: Walda Marison
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500