Anggota Ditlantas Polda Metro Jaya Bripda Dimas yang diperagakan oleh pemeran pengganti saat rekonstruksi kasus pengendara mobil seret polisi lalu lintas di Matraman, Jakarta Timur, (01/02/2018). Foto: Rahmat Kurnia/Kriminologi.id

Video: Penyeret Polisi Peragakan 13 Adegan dalam Reka Ulang

Estimasi Baca:
Kamis, 1 Feb 2018 16:11:45 WIB

Kriminologi.id - Polres Metro Jakarta Timur mengelar reka ulang kasus pengendara mobil yang menyeret anggota Ditlantas Polda Metro Jaya Bripda Dimas, di depan Halte Busway Pemuda Pramuka, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Matraman, Jakarta Timur, Kamis, 1 Februari 2018. 

Dalam rekonstruksi tersebut, tersangka Tessa Granitsa Satari (35) memeragakan 13 adegan mulai dari datang hingga menyeret Bripda Dimas yang menyebabkan tangannya patah.

Diadegan pertama, pelaku Tesa yang mengenderai Mobil Cadillac Escalade berwarna putih bernopol B 19 SNC itu melintas di Jalan Jendral Ahmad Yani, Pulogadung Jakarta Timur. Setelah itu pada adegan kedua pelaku masuk ke Jalur Busway disekitar Trafic Light (TL)  Utan Kayu. Di adegan ketiga Korban Bripda Dimas melihat Mobil Cadillac melakukan pelanggaran masuk kejalur busway Pemuda Pramuka, korban mencoba  menghentikan laju mobil mewah buatan eropa tersebut.

Pada reka ulang adegan keempat, setelah mobil tersebut berhenti korban langsung menghampiri mobil pelaku dari pintu sebelah kanan dengan memberikan hormat kepada pelaku. Adegan kelima, korban meminta menunjukan surat kelengkapan kendaraan terhadap pengemudi kemudian pada adegan keenam pengemudi mengeluarkan STNK namun tidak mengeluarkan SIM karena tersangka tidak punya.

Adegan ketujuh, Tessa dengan sengaja menjatuhkan STNK ke dalam mobilnya saat korban hendak mengambil STNK. Diadegan kedelapan, korban yang melihat tersangka tidak kooperatif berniat mengambil STNK yang sengaja dijatuhkan pelaku.

Baca: Trik Pengemudi Cadillac Escalade Menyeret Polisi Hingga Tangan Patah

"Pada adegan kesembilan saat akan mengambil itu, tangan kiri korban dipegang oleh pelaku. Diadegan ke 10 Tessa yang sudah memegang tangan Dimas langsung tancap gas," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Sapta Maulana, di lokasi rekonstruksi.

Pada adegan 11, korban terjatuh dan mengalami patah di bagian tangan kiri setelah terseret sejauh 10 meter. kemudian diadegan 12 dan 13, dua saksi yang berada di sekitar lokasi berusaha menolong korban dengan membawanya ke Rumah Sakit.

Penyeret Bripda Dimas Priyanggoro di jalur busway ini juga terbukti mengkonsumsi narkoba. Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Yoyon Tony Surya Putra mengatakan, polisi melakukan tes urine Tessa dengan hasil positif menggunakan sabu-sabu dan ekstasi. Usai mencederai petugas, Tessa Kabur. Pelariannya selama tiga hari berakhir setelah petugas menangkapnya di sebuah Hotel Crown, Jakarta Barat pada Senin, 21 Januari 2018. 

Reporter: Rahmat Kurnia
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500