Pidato perdana Anies Baswedan sebagai gubernur DKI, Foto: Facebook/kiblat

Video: Pidato Anies Soal Pribumi Dianggap Langgar Undang-undang

Estimasi Baca:
Rabu, 18 Okt 2017 15:19:08 WIB

Kriminologi.id - Pidato perdana Gubernur Terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan menuai kontroversi dari berbagai pihak, Senin 16 September 2017. Dalam pidatonya Anies Baswedan memakai istilah pribumi, hal ini  menjadi sorotan dan polemik bagi publik.

Ketua Setara Institute, Hendardi  merasa kecewa terhadap isi pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membedakan antara golongan pribumi dan non pribumi. Hal itu disampaikan melalui siaran pers Setara Institute, Selasa, 17 Oktober 2017.

Penggunaan istilah pribumi, menurut Hendardi, Anies bisa dianggap telah melanggar Instruksi Presiden Nomor 26 Tahun 1998 yang melarang penggunaan istilah pribumi dan non pribumi untuk menyebut warga negara.

Baca: Setara Institute: Pidato Anies Abaikan UU Antipribumi-Nonpribumi

Tak hanya itu, menurutnya, Anies dinilai telah mengabaikan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Pada kesempatan lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga dilaporkan oleh seorang warga bernama Jack Boyd Lapan ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Selasa, 17 Oktober 2017.

KOMENTAR
500/500