Video Proses Penyerahan Diri Pelaku Kerusuhan di Mako Brimob

Estimasi Baca :

Penyerahan Diri Pelaku Kerusuhan di Mako Brimob. Foto: Ist/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Penyerahan Diri Pelaku Kerusuhan di Mako Brimob. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Sebanyak 145 dari 155 napiter menyerahkan diri  lantaran terlibat penyanderaan anggota polisi di Markas Komando atau Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Selasa, 8 Mei 2018 malam lalu. Sementara itu 10 lainnya, di paksa menyerahkan diri dengan tindakan khusus.

Setelah penyerahan diri, sebanyak 155 napi teroris dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nusakambangan, Jawa Tengah pada Kamis, 10 Mei 2018 pasca kerusuhan di rutan cabang Salemba Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

Pemindahan 155 napi teroris ini merupakan keputusan Kementerian Hukum dan HAM dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Republik Indonesia.

"Sudah dipindahkan seluruhnya atas keputusan Menkumham dan Dirjen Lapas seluruhnya ke Nusakambangan," ucap Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jendral Syafruddin di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis 10 Mei 2018.

Seluruh napi teroris di rutan Mako Brimob berjumlah 156 orang. Satu napi diketahui tewas pada Rabu, 9 Mei 2018 kemarin karena melawan petugas saat diamankan.

Syafruddin mengatakan pemindahan napi teroris dilakukan sejak pagi tadi. Hanya saja Syafruddin tidak menjelaskan pemindahan 155 tahanan tersebut menggunakan angkutan apa.

"Sudah dalam proses perjalanan. Seluruhnya sudah dipindahkan hari ini‎," ‎ujarnya.

Operasi penanggulangan kerusuhan di Mako Brimob sejak 36 jam terakhir, berakhir pada Kamis pagi, 10 Mei 2018, sekitar pukul 07.15 WIB. Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menegaskan saat ini pihaknya tengah melakukan strerilisasi dan pemulihan di lokasi kejadian.

Syafruddin menyatakan bahwa dia memimpin langsung operasi sejak kerusuhan terjadi pada Selasa, 8 Mei 2018, malam. Dia juga akan menyampaikan perkembangan lanjutan penanggulangan dan pemulihan secara berkelanjutan.

Dalam keterangan pers itu Syafruddin juga meluruskan lokasi penyanderaan sejumlah anggota Polri. Menurutnya peristiwa itu terjadi di rutan Cabang Salemba di Kelapa Dua. Rutan itu berada di Kompleks Mako Brimob.

Penyanderaan itu berakhir setelah Bripka Iwan Sarjana, anggota polisi terakhir yang disandera napi teroris di Rutan Mako Brimob akhirnya berhasil dibebaskan. Pembebasan Bripka Iwan terjadi disaat pergantian hari pukul 24.00 WIB. DP

Baca Selengkapnya

Home Multimedia Video Video Proses Penyerahan Diri Pelaku Kerusuhan di Mako Brimob

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu