Jonru Ginting jalani sidang pembacaan dakwaan (08/01/2018). Foto: Rahmat Kurnia/Kriminologi.id

Video: Suara Takbir Warnai Sidang Dakwaan Jonru Ginting

Estimasi Baca:
Senin, 8 Jan 2018 17:38:27 WIB

Kriminologi.id - Suara takbir mewarnai persidangan perdana pembacaan dakwaan Jonru Ginting di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin, 8 Januari 2017 pukul 13:30 WIB. Saat Jonru Ginting akan menduduki bangku terdakwa, para penonton terdengar meneriakan kata-kata takbir. Dalam persidangan itu tim Jaksa Penuntup Umum atau JPU membacakan tiga dakwaan kepada terdakwa Jonru Ginting. 

Pengacara Jonru,  Juju Purwantoro mengatakan pihaknya akan mengajukan eksepsi atau pembelaan pada sidang lanjutkan yang akan digelar Senin, 15 Januari 2017.

"Ketiga dakwaan yang dibacakan oleh JPU bukanlah dakwaan alternatif. Makanya kita akan lakukan pembelaan Senin depan,"kata Juju di PN Timur, Senin, 8 Januari 2017.

Sementara itu tim kuasa hukum Jonru, Munarman mengatakan ada sejumlah kejanggalan dalam dakwaan yang dibacakan oleh tim JPU.

Baca: Istri Jonru Ditanya Aktivitas Suaminya

"Penggunaan UU ITE  itu untuk perlindungan bisnis dan sarana bisnisnya, seperti transaksi UU Perbankang dan UU tentang anti diskriminasi yang bertujuan untuk menceganmh pengguna kekuasan untuk tidak diskriminatif. Jonru itu bukan penguasa dia hanya pengguna media sosial saja," kata Munarman.

Usai sidang berlangsung, Jonru Ginting berterimakasih kepada pendukunya yang mengahadiri sidang perdanya di PN Jakarta Timur. Gemuruh takbirpun menguri kepergian Jonru dari ruang sidang.

Reporter: Rahmat Kurnia
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500