Jalur pendakian Gunung Rinjani retak pasca Nusa Tenggara Barat diguncang gempa 6,4 SR. Foto: @daretarc/Instagram

Video Suasana Mencekam Puncak Rinjani Usai Gempa NTB

Estimasi Baca:
Senin, 30 Jul 2018 14:25:58 WIB

Kriminologi.id - Kepanikan dialami oleh para pendaki Gunung Rinjani saat diguncang gempa berkekuatan 6,4 SR pada Minggu, 29 Juli 2018 kemarin. Dalam beberapa video yang diunggah oleh akun Instagram @urban.hikers, Senin, 30 Juli 2018 memperlihatkan suasana mencekam yang terekam kamera para pendaki di puncak Gunung Rinjani.

Dalam video pertama, nampak kondisi jalur pendakian di Plawangan Sembalun alami retak. Lebar retakan pun berkisar di antara 15 hingga 25 sentimeter.

Nampak tenda-tenda dan sejumlah perlengkapan pendaki berada di tepi jalur pendakian. Sementara para pendaki pun terlihat panik dan berlari menjauhi jalur pendakian.

Sementara itu di video kedua nampak para pendaki terlihat berlari menuruni puncak Gunung Rinjani. Para pendaki terlihat panik dan beberapa material pasir nampak beterbangan akibat tanah longsor.

Dalam video lainnya terlihat beberapa puncak yang berada di sekeliling danau Segara Anak mengalami longsor. Material tanah dan pasir terlihat jatuh ke tepi danau Segara Anak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat terjadi gempa diperkirakan terdapat 820 orang tengah mendaki Gunung Rinjani. 617 pendaki diantaranya berasal dari mancanegara. Sementara itu hingga Minggu, 29 Juli 2018 pukul 13.00 WIB, jumlah pendaki yang berhasil dievakuasi turun sebanyak 246 orang. AS

Reporter: Amin H. Al Bakki
Multimedia: Amin H. Al Bakki
Redaktur: Achmad Sakirin
KOMENTAR
500/500