Pelaku perampokan di angkot Jakarta utara berujung maut. Foto: Walda Marison/Kriminologi.id

Video Tersangka Penodongan di Angkot Dihadirkan saat Rilis

Estimasi Baca:
Senin, 25 Jun 2018 18:50:41 WIB

Kriminologi.id - Erlangga (26), sopir angkutan umum Mikrolet A30 jurusan Tanjung Priuk-Pulo Gadung ditetapkan sebagai tersangka oleh Polsek Koja, Jakarta Utara karena terlibat dalam aksi pencopet dalam mobilnya pada Sabtu, 23 Juni 2018 kemarin. 

Pria yang tinggal di Kawasan Koja, Jakarta Utara ini pun dihadirkan dalam rilis kasus perampokan berujung korban tewas di Mapolsek Koja, Senin, 25 Juni 2018. Erlangga mengaku menyesal telah melakukan perbuatanya. Ia mengatakan, kejadian dua hari yang lalu itu merupakan aksi yang ketiga kali.

"Yang aksi pertama dan keduanya itu empat bulan lalu lah," katanya di Mapolsek Koja, Senin, 25 Juni 2018.

Selama beraksi, ia menambahkan, mereka tidak pernah menggunakan senjata tajam. Mereka hanya merogoh-rogoh barang bawaan penumpang dengan tangan kosong.

Akibat perbuatannya itu, Erlangga dijerat Pasal 365 Ayat 4 KUHP dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. Polisi telah menyita mikrolet yang digunakan untuk beraksi, berikut surat-suratnya. 

Sebelumnya, seorang wanita bernama Asih Kurniasih (32) tewas setelah melompat dari angkot A30 jurusan TJ Priok-Pulo Gadung. Asih nekat melompat karena ditodong.

Peristiwa tersebut terjadi di Jalur Transjakarta Jalan Yos Sudarso tepatnya di dekat Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Sabtu, 23 Juni 2018 pukul 14.40 WIB. Saat itu di dalam angkot terdapat enam orang yaitu sopir bernama Erlangga, Asih Kurniasih dua penumpang dan dua orang yang diduga sebagai pelaku penodongan terhadap korban. 

Reporter: Walda Marison
Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500