Video Viral Pawai Anak TK Bercadar Bawa Senjata Replika. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Viral Pawai Anak TK Bercadar Bawa Senjata Replika di Probolinggo

Estimasi Baca:
Minggu, 19 Ags 2018 00:22:22 WIB

Kriminologi.id - Sebuah video yang memperlihatkan rombongan anak taman Kanak-kanak atau TK menggunakan pakaian gamis dan hijab serba hitam  dengan memanggul replika senjata dalam pawai Kemerdekaan viral di media sosial. 

Acara pawai tersebut adalah perayaan kemerdekaan Ke-73 Republik Indonesia di Kota Probolinggo pada Sabtu, 18 Agustus 2018. Video tersebut viral usai diunggah akun Facebook Probolinggo pada hari yang sama.

"Karnaval TK di Kota Probolinggo tadi pagi." tulis akun tersebut pada keterangan video.

Dalam video tersebut tampak murid TK itu menggunakan hijab dan cadar serba hitam dengan memanggul replika senjata laras panjang dan pedang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, para murid tersebut adalah salah satu peserta pawai nomor 1 dari TK Kartika V Probolinggo di bawah naungan Kodim 0820 Probolinggo. 

Pimpinan TK Kartika menyebutkan kalau tema yang diusung adalah “Bersama perjuangan Rasululloh kita tingkatkan keimanan dan keimanan kepada Alloh SWT”. 

Adapun kostum yang dipilih dengan alasan memanfaatkan properti yang tersedia di sekolah sehingga tidak perlu menyewa kostum. Pemilihan tema pun tersebut secara spontanitas, tidak ada tujuan yang mengarah kepada tindakan yang melanggar hukum.

Ketua Panitia dan Kepala Sekolah TK Kartika telah memggelar keterangan pers dan meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas kegiatan tersebut yang tidak ada maksud apapun. Keterangan pers itu didampingi Kapolres Probolinggo Kota, Dandim 0820 Probolinggo, dan Kadiknas Kota Probolinggo. 

Pawai Budaya dengan Tema Bhinneka Tunggal Ika tingkat Taman Kanak-kanak se Kota Probolinggo diselenggarakan oleh Diknas Kota Probolinggo dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, Sabtu, 18 Agustus 2018 pagi. 

Pawai yang sudah menjadi agenda tahunan Pemkot Probolinggo itu diikuti 158 peserta. Namun pelaksanaan Pawai Budaya tingkat TK tersebut tidak mengajukan izin dari Pihak Kepolisian. 

Meski demikian, Polres Probolinggo Kota tetap melakukan pengamanan Jalur dan pengamanan kegiatan secara spontanitas.

Multimedia: S. Dwiangga Perwira
KOMENTAR
500/500