Viral Pernikahan Bocah SMP di Lombok Timur. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Viral Pernikahan Bocah SMP di Lombok Timur

Estimasi Baca:
Jumat, 27 Apr 2018 16:25:47 WIB

Kriminologi.id - Video pernikahan bocah yang diketahui masih duduk di bangku SMP beredar di media sosial. Video itu viral setelah diunggah akun Facebook Yuni Rusmini pada Jumat, 26 April 2018.

Berdasarkan informasi yang diunggah Yuni Rusmini, kedua bocah yang melangsungkan pernikahan tersebut masih duduk di bangku SMP. Mempelai pria yang berinisial L W masih duduk di kelas 1 SMP, sementara mempelai wanita berinisial WP masih duduk di kelas 2 SMP. Kejadian tersebut terjadi di Sempong , Keruak , Lombok Timur, NTB, pada Kamis 5 April 2018.

Dalam video tampak prosesi akad nikah kedua bocah lengkap dengan dihadiri para tamu undangan. Pengantin pria tampak menggunakan jas bewarna hitam dengan peci hitam di kepala. Sementara pengantin wanita tampak menggunakan gaun putih berhijab berada di samping pengantai pria.

Hingga berita ini diturunkan 86 ribu warga net sudah menonton tayangan tersebut.

Berdasarkan peraturan yang  tertuang dalam pasal 7 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan yang menyebutkan sebagai berikut:

Pasal 7 ayat 1

“Perkawinan hanya diizinkan bila pihak pria mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai usia 16 (enam belas) tahun.”

Pasal 7 ayat 2

“Dalam hal penyimpangan dalam ayat (1) pasal ini dapat diminta dispensasi kepada Pengadilan atau pejabat lain yang diminta kedua orang tua pihak pria atau pihak wanita.”

Selain itu, berdasarkan Peraturan Menteri Agama No.11 tahun 2007 tentang Pencatatan Nikah dalam Bab IV pasal 7 disebutkan:

“Apabila seorang calon mempelai belum sampai umur 21 (dua puluh satu) tahun, harus mendapat izin tertulis dari orang tua.”

KOMENTAR
500/500