Polisi melakuakan intimidasi terhadap jurnalis saat aski demo di Bandung. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Viral Polisi Intimidasi Wartawan saat Aksi Demo di Bandung

Estimasi Baca:
Jumat, 13 Apr 2018 17:37:16 WIB

Kriminologi.id - Aksi demontrasi penolakan rumah deret Tamansari ricuh di Balai Kota Bandung, Jawa Barat,  Kamis 12 April 2018. Polisi yang bertugas saat itu diduga melakukan tindakan intimidasi terhadap wartawan kampus LPM Suaka UIN Bandung, Muhammad Iqbal.

Video Detik-detik saat kejadian terekam kamera kemudian viral di media sosial usai diunggah oleh akun Instagram bernama @sekitarbandungcom pada Jumat, 13 April 2018.

"Viral Aksi Intimidasi Oknum Aparat kepada Pers, Muhammad Iqbal ( @LPMSuaka ) di Balkot Bandung Kamis, (12/4/2018)" tulis akun tersebut pada keterangan video.

Berdasarkan informasi, kejadian itu bermula ketika Iqbal sedang meliput dan mengambil gambar aksi demonstrasi.  Saat mengambil gambar, Iqbal ditarik kedalam  truk dalmas oleh polisi  walaupun Iqbal sudah memperlihatkan kartu persnya. Disanalah Iqbal malah mendapatkan perlakuan kasar dari polisi.

Terkait aksi intimidasi yang dilakukan kepada wartawan kampus tersebut, puluhan orang yang tergabung dalam Tim Advokasi Jurnalis Independen (TAJI) menggelar aksi  demo di depan Mapolrestabes Bandung, Jln. Jawa, Kota Bandung, Jumat (13/4/2018). Dalam aksinya mereka menuntut Polrestabes Bandung mengusut tuntas kasus kekerasan yang diduga dilakukan oleh polisi terhadap Jurnalis Pers Kampus Suaka Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, Muhammad Iqbal.

KOMENTAR
500/500