Cuplikan Sekelompok Orang Bunuh Beruang Madu di Riau. Foto: Ist/Kriminologi.id

Video Viral Sekelompok Orang Bunuh Beruang Madu di Riau

Estimasi Baca:
Kamis, 5 Apr 2018 18:20:37 WIB

Kriminologi.id - Beredar sekelompok orang sedang membunuh hewan dilindungi yakni beruang madu di media sosial. Video itu viral usai diunggah oleh akun Facebook bernama Yuni Rusmini pada Kamis 4 April 2018.

Dalam video berdurasi 50 detik itu tampak sekelompok orang sedang meguliti beruang madu golok beralas daun. Selain beruang madu yang sedang dikuliti, tampak juga 2 beruang madu yang mati tergeletak disamping mereka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kriminologi.id, kejadian terjadi  di Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Saat ini pelaku mutilasi beruang madu tersebut sudah ditangkap pihak kepolisan.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, mengatakan, keempat tersangka terancam hukuman lima tahun penjara sebagaimana diatur dalam Undang Undang Konservasi Sumberdaya Alam Nomor 5 tahun 1990.

"Melanggar UU nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam, ancaman Hukumannya lima tahun penjara," ujar Suharyono.

BBKSDA, menurut dia, tidak hanya berhenti pada keempat orang tersangka ini. Tim penegakan Hukum (Gakkum) masih terus melakukan penyidikan lebih lanjut mengenai kemungkinan adanya kejadian serupa lainnya. 

KOMENTAR
500/500