Ilustrasi Tim Elit, Foto: Pixabay.com

8 Tim Antibandit Siap Jaga Anda, Eagle Hingga Jaguar

Estimasi Baca:
Senin, 23 Okt 2017 21:05:18 WIB

Kriminologi.id - Kejahatan di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang seperti tak pernah tidur. Siang dan malam pelaku kejahatan tetap gencar mencari mangsa. Sebagai bentuk tanggung jawab kepolisian dalam menjaga keamanan di wilayah hukumnya maka dibentuklah Tim Elit Gerak Cepat untuk merespon dan menanggulangi kejahatan, khususnya yang terjadi di malam hari.

Berdasarkan penelusuran Kriminologi, terdapat tim-tim elit di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang sebagai berikut:

Tim Eagle One Polres Jakarta Selatan

Tim elit bentukan Polres Jakarta Selatan ini bertugas untuk mengantisipasi kejahatan jalanan. Tim Eagle One ini hanya beranggotakan 20 personil polisi terpilih. Setiap personil dilengkapi dengan senjata laras panjang, rompi anti peluru dan kendaraan roda dua.

Tim Elit ini dibentuk oleh Kapolres Jakarta selatan, Kombes Pol Iwan Kurniawan dan dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim AKBP Budi Hermanto.

Tim Tiger (Polres Jakarta Utara)

Tim Tiger dibentuk pada 3 Juni 2017. Tujuannya dibentuk tim ini adalah sebagai respon cepat Polres Jakarta Utara terhadap aksi jalanan yang mengancam masyarakat. Masyarakat dapat menghubungi Tim Tiger di hotline 081318261968 dan tima kan segera bergerak ke lokasi.

Tim Tiger Polres Jakarta Utara dipimpin oleh AKP Darmawan Zendrato. Tim ini beranggotakan 25 anggota khusus yang dipilih dari anggota Kepolisian Resor dan Kepolisian Sektor. Selain itu, Tim Tiger dilengkapi dengan satu unit mobil bak terbuka taktis, sepuluh sepeda motor trail, dan lima motor gede.

Baca: 8 Cara Polisi Bongkar Kejahatan

Tim Rajawali (Polres Jakarta Timur)

Tim Rajawali besutan Kapolres Jakarta Timur, Kombes Pol Andry Wibowo beranggotakan 62 orang personil. Seluruh personil Tim Rajawali telah mendapatkan pelatihan di Brimob selama dua minggu.

Kapolres Jakarta Timur telah memetakan enam wilayah rawan terjadi kejahatan termasuk daerah Cilincing. Tim Rajawali memang ditugaskan secara khusus sebagai tim gerak cepat mengantisipasi kejahatan yang terjadi di malam hari.

Tim Eagle (Polres Jakarta Barat)

Polres Jakarta Barat membentuk Tim Eagle yang bertujuan untuk menindak seluruh kejahatan jalanan. Tim yang beranggotakan 20 orang ini bertujuan khusus untuk mencegah tawuran yang terjadi di wilayah Jakarta Barat.

Tim Eagle dibentuk oleh Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Roycke Harry Langi pada 4 Juni 2017. Makna filosofi Eagle atau Elang sendiri bagi tim ini adalah harapan agar Tim Eagle dapat jeli dan tajam pandangannya dalam melihat kejahatan yang terjadi.

Tim Alpha Plus (Polres Jakarta Pusat)

Tim elit Polres Jakarta Pusat ini beranggotakan 10 personil. Tim ini dibentuk pada Maret 2017 dan dikepalai oleh AKP Akta Wijaya. Tujuan dibentuknya adalah untuk mencegah terjadinya kejahatan kekerasan jalanan seperti balap liar dan tawuran.

Baca: Daftar 6 Jenderal TNI Ditolak Masuk AS

Satgas Patriot (Polres Metro Bekasi Kota)

Satgas Patriot adalah tim gabungan yang dibentuk dari anggota Kepolisian Resor Bekasi Kota dan Kepolisian Sektor. Jumlah personilnya adalah 62 orang dengan dua orang polisi wanita.

Tim ini dipimpin langsung oleh Kapolres Bekasi Kota, AKBP Asep Edi. Tujuan dibentuknya Satgas Patriot ini adalah untuk mengantisipasi Tindak Kejahatan Terorisme dan kejahatan bereskalasi tinggi.

Tim Jaguar (Polres Kota Depok)

Tim Jaguar Polres Depok telah dibentuk sejak 2014. Kapolri, Jenderal Tito Karnavian menyebutkan bahwa Tim Jaguar adalah lokomotif pembentukan tim-tim serupa di seluruh Indonesia.

Tim Jaguar ini beranggotakan 17 orang dan dipimpin oleh Iptu Winam Agus. Seluruh personil ti mini dilengkapi kemampuan untuk melakukan pertempuran jarak dekat dan teknik penggerebekan.

Baca: 10 Negara dengan Angka Kriminalitas Tertinggi di Dunia

Tim Vipers (Polres Tangerang Selatan)

Tim Vipers dibentuk dengan tujuan untuk menjaga keamanan seluruh wilayah Tangerang Selatan khususnya dari kejahatan perampokan, tawuran, dan balapan liar.

Tim ini dipimpin oleh Kepala Unit, Iptu Ahmad Mulyono dang beranggotakan 12 personil. Tim ini dilengkapi dengan senjata laras panjang, rompi anti peluru, mobil Ford 2.000 cc, satu avanza, dan dua motor trail.

KOMENTAR
500/500