Jejak Nurhadi Alias Bledeg, Bos Perampok Toko Emas Lintas Provinsi

Estimasi Baca :

Komplotan perampok bersenjata api disergap anggota Polres Kendal. Foto: Ist/Kriminologi.id - Kriminologi.id
Komplotan perampok bersenjata api disergap anggota Polres Kendal. Foto: Ist/Kriminologi.id

Kriminologi.id - Aparat Polda Jawa Tengah meringkus tujuh orang komplotan perampok spesialis toko emas lintas provinsi. Dalam aksinya para pelaku biasa menggunakan senjata api saat beraksi. Salah satu pelaku bernama Nurhadi alias Bledeg ditembak mati karena melawan saat diminta untuk menunjukkan tempat penyimpanan barang hasil curian.

Nurhadi alias Bledeg merupakan tokoh yang sangat dikenal dalam dunia kejahatan perampokan. Nurhadi alias Bledeg, 44, warga Jember, Jawa Timur, merupakan otak dari komplotan tersebut.

Senin siang, 27 November 2017, sekitar pukul 14.00 Nurhadi dan komplotannya menyatroni Toko Emas Delima di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Nomor 12, Desa Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat. 

Baca: Perampok Umbar Tembakan di Indramayu, Emas Senilai Rp 500 Juta Ludes

Mereka menguras perhiasan emas dari etalase. Bahkan pelaku yang berjumlah 6 orang itu menembak kaki seorang pedagang yang berada di lokasi.

Toko emas yang disatroni tersebut berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Nomor 12, Desa Haurgeulis. Kawanan perampok tersebut beraksi pada saat toko hendak tutup sekitar pukul 14.00 WIB.

Perampokan toko emas lainnya yang dilakukan Nurhadi bersama komplotannya adalah di kawasan Sragen, Jawa Tengah pada 26 Oktober 2017.

Baca: Sebelum Indramayu, Rampok Toko Emas Antarpulau Gasak 1,2 Kg Emas

Perampokan bersenjata api di toko Enthung Mas, area Pasar Jambangan Desa Celep, Kecamatan Kedawung, Sragen terjadi pada Kamis, 26 Oktober 2017.

Peristiwa itu terjadi siang hari saat di kawasan itu tengah sepi karena bersamaan dengan azan Zuhur. Perampokan yang berlangsung selama 10 menit itu, enam komplotan perampok bersenpi sempat melepaskan lima tembakan untuk menakuti warga sekitar.

Para pelaku yang mengendarai tiga sepeda motor itu membagi tugas dalam menjalankan aksinya. Empat pelaku menjarah isi toko emas, sementara dua pelaku lainnya berjaga di luar toko.

Dalam catatan kejahatan yang dilakukan Nurhadi, Kriminologi mendapati Nurhadi alias Bledeg pernah melakukan perampokan terhadap seorang nasabah bank pada tahun 2014.

Baca: Menumpang Truk, Perampok Bersenpi Diringkus di Depan Polres Kendal

Nurhadi dan dua rekannya diduga kuat pelaku perampokan pada, Jumat, 29 Desember 2017, sekitar pukul 12.20 WIB di Jalan Dumai, Perumahan Migas, Cepu Turut, Kelurahan Balun, Kecamatan Balun, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Ketiganya berpura-pura menjadi nasabah Bank BNI 46 Cabang Cepu, Kabupaten Blora, untuk mencari sasarannya. Nurhadi alias Bledeg warga Desa Mundurejo, Kecamatan Umbul Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur merampok korbannya hingga menyebabkan kerugian Rp 115 juta.

Dari laman putusan Mahkamah Agung RI, Nurhadi kemudian divonis Pengadilan Negeri Blora, Jawa Tengah dengan pidana 2 tahun 2 bulan kurungan penjara pada 21 April 2014 atas tuduhan itu. Nurhadi besama Pinta Purnomo alias Arifin bin Yusuf dan Joko Wanto bin Sugito.

Seperti diberitakan, komplotan perampok bersenjata api spesialis toko emas yang beraksi lintas provinsi diringkus aparat Ditreskrimum Polda Jateng. Satu dari tujuh pelaku ditembak mati, yakni Nurhadi Alias Bledeg lantaran nekat melawan petugas, saat diminta menunjukan barang bukti.

Tonton: Video Perampok Bersenpi Diringkus di Depan Polres Kendal

Sedangkan sisanya enam pelaku lainnya, ditembak di bagian kakinya oleh petugas. Keenam pelaku tersebut adalah Sugito warga Subang Jawa Barat, Novian Iskandar warga Oku, Sumatera Selatan, Nawawi warga Pasuruan, Agus Widodo warga Jember, Yusuf Romadon warga Blitar dan Joko Prasetyo warga Nganjuk.

Selain keenam tersangka, Polda Jawa Barat juga menangkap Toha dan Ahmad yang juga komplotan Nurhadi alias Bledeg. Aparat Subdit III Ditreskrimum Polda Jabar bersama penyidik Satreskrim Polres Indramayu menangkap di sebuah indekos, kawasan Pusakanegara, Kabupaten Subang, Jabar, Selasa, 28 November 2017, sekitar pukul 04.30 WIB. 

Tersangka Ahmad alias Tompel sempat melawan polisi dan ditembak di bagian perut hingga tewas. Sementara Toha yang berusaha kabur lewat jendela belakang ditangkap polisi.

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Bromocorah Jejak Nurhadi Alias Bledeg, Bos Perampok Toko Emas Lintas Provinsi

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu