Udin, Bos Spesialis Pencuri Rumsong Tewas Ditembak

Estimasi Baca :

Ilustrasi korban tewas terjatuh dari lantai atas apartemen di Sunter, Ilustrasi: Pixabay - Kriminologi.id
Ilustrasi korban tewas terjatuh dari lantai atas apartemen di Sunter, Ilustrasi: Pixabay

Kriminologi.id - Polres Metro Jakarta Barat menangkap empat pelaku spesialis pencurian rumah kosong yang terjadi di wilayah Jakarta Barat. Satu pelaku bernama Udin yang juga pimpinan komplotan ini tewas ditembak. 

Penangkapan empat tersangka berdasarkan laporan yang diterima Polres Metro Jakarta Barat pada Senin, 7 Mei 2018 dan Rabu, 13 Juni 2018 di perumahan Semanan Indah Kalideres, Jakarta Barat. Polisi yang melakukan olah tempt kejadian perkara (TKP) dan memeriksa empat orang saksi kemudian mengidentifikasi pelaku.

Pada Minggu, 23 Juni 2018 kepolisian berhasil menangkap satu pelaku bernama Septa Setiawan di daerah Kramatjati, Jakarta Timur. Kepolisian keemudian melakukan pengembangan dan menangkap Samawati.

"Kami kembangkan lagi dan menangkap tersangka lainya seorang perempuan berinisial S di daerah Kramatjati," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edy Suranta Sitepu di RS Kramatjati, Jakarta Timur, Senin, 25 Juni 2018.

Setelah menangkap Samawati di hari yang sama, polisi kemudian menangkap Oku Puad di daerah Semanan, Kalideres. Puad terpaksa dilumpuhkan karena mencoba melawan petugas kepolisian.

"Kami berikan timah panas dibagian kaki kepada pelaku," katanya.

Dari keterangan Paud diketahui ada pelaku lainya bernama Udin, yang merupakan otak dibalik pencurian rumah kosong di Kalideres. Pada tanggal 25 Juni 2018 pukul 04.00 WIB, kepolisian berhasil menangkap Udin di Jalan Raya Kresek Kalideres Jakarta Timur.

"Pelaku sedang naik motor kami sergap. Pelaku mencoba melawan dengan mengeluarkan senjata api, kami terpaksa lumpuhkan dengan memberikan tembakan tegas dan terukur. Pada saat dibawa ke RS (rumah sakit), korban meninggal," katanya.

Kata Edy pelaku Udin merupakan seorang residivis dalam kasus pencurian yang kerap menganiaya korbannya dan sudah berulang kali keluar masuk penjara.

"U ini residivis. Tahun 2014 pelaku curat (pencurian dan pemberatan) di Jakarta Timur dan Bekasi, tahun 2015 di Cipinang, 2017 keluar dari Cipinang setelah 5 bulan di penjara sekarang main lagi," katanya.

Dalam menjalankan aksinya kata Edy pelaku mempunyai peran masing-masing, Septa dan Samawati berperan mencari rumah yang kosong, Udin dan Paud bertugas mengeksekusi rumah.

"Yang mereka ambil emas, hp, dan barang berharga lainya," katanya.

Akibat perbuatanya tiga pelaku yang masih hidup dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara. MG
  DP

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Bromocorah Udin, Bos Spesialis Pencuri Rumsong Tewas Ditembak

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu