Ilustrasi Penjambretan. Foto: Kriminologi.id

Usai Dapat Diversi, Remaja Spesialis Jambret Kembali Dibekuk Polisi

Estimasi Baca:
Selasa, 10 Jul 2018 18:10:54 WIB

Kriminologi.id - Kapolres Madiun Kota, Ajun Komisaris Besar Polisi Nasrun Pasaribu mengatakan, pihaknya kembali menangkap M, warga Kota Madiun,  terkait aksi penjambretan. Remaja 16 tahun ini boleh dibilang sebagai spesialis jambret.

Bagaimana tidak, M sebelumnya pernah ditangkap terkait kasus yang sama. Mengingat usianya yang masih di bawah umur, pihak kepolisian menerapkan diversi.  

Namun, untuk aksinya kali ini Polres Madiun Kota mengambil langkah tegas dengan tetap memprosesnya sesuai hukum yang berlaku.

"Ini merupakan orang yang benar-benar spesialis tindak pidana kejahatan jalanan yaitu jambret," kata Nasrun usai menggelar konferensi pers, Selasa, 10 Juli 2018, seperti dilansir rri.co.id. 

Dalam menjalankan aksinya, ia menjelaskan, M menargetkan korbannya yang kebanyakan perempuan. Berdasarkan hasil penyelidikan, M telah melakukan tindak kejahatan yang sama di empat TKP wilayah Madiun Kota.

"Ini menjadi atensi dari kepolisian bahwa street crime (kejahatan jalanan) tersebut merupakan kejahatan yang harus dibumihanguskan dan diungkap sehingga harapannya tidak terjadi di seluruh Indonesia," ujar Nasrun.

Merujuk keterangan M saat diperiksa penyidik, ia menambahkan, aksi penjambretan sengaja dilakukan untuk mencukupi kebutuhan ekonomi.

"Alasannya untuk kebutuhan ekonomi dan foya-foya," kata Nasrun.

Barang bukti yang diamankan petugas di antaranya sebuah tas berisi STNK, SIM C, KTP, satu unit sepeda motor, satu unit handphone, celana dan kaos milik tersangka. 

Atas tindakannya, M dijerat Pasal 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. Saat ini M beserta barang bukti diamankan kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut. 

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: RRI
KOMENTAR
500/500