FBI Foto: theadvocate.com

Anggota Geng yang Paling Dicari FBI Ditangkap, 8 Tahun Diburu

Estimasi Baca:
Kamis, 28 Jun 2018 11:21:16 WIB

Kriminologi.id - Eduardo Ravelo, anggota penting dari geng Barrio Azteca atau Los Aztecas, salah satu dari sepuluh orang paling dicari FBI, ditangkap pada Selasa, 26 Juni 2018.

Barrio Azteca adalah geng Meksiko-Amerika yang aslinya berbasis di El Paso, Texas. Geng itu dibentuk di penjara El Paso pada 1986 dan berkembang menjadi organisasi kriminal transnasional.

Mereka saat ini salah satu geng paling kejam di Amerika Serikat dan dikatakan memiliki lebih dari 3.000 anggota di AS di lokasi seperti New Mexico, Texas, Massachusetts dan Pennsylvania dan setidaknya memiliki 5.000 anggota di Ciudad Juarez, Meksiko.

Eduardo Ravelo yang juga dikenal sebagai "Tablas" ditangkap di Michoacan, Meksiko, berkat arahan dari FBI di El Paso dan Gugus Tugas Lintas Aman El Paso, kata pejabat FBI.

Dia dicari karena keterlibatannya dalam pembunuhan karyawan konsulat AS Lesley Ann Enriquez Catton dan suaminya, pegawai Kantor Sheriff El Paso County, Arthur Redelfs, dan Jorge Alberto Salcido Ceniceros, suami dari pekerja konsulat AS lainnya. Mereka ditembak mati di Juarez pada 13 Maret 2010.

Menurut FBI, Ravelo menjabat "Capo," yang merupakan pangkat tertinggi yang ada di geng Barrio Azteca. Ravelo dilaporkan bertanggung jawab memberi perintah kepada anak buahnya untuk membunuh korban.

Dia juga dituduh bertindak sebagai pembunuh bayaran bersama dengan anggota geng lainnya untuk organisasi perdagangan narkoba Vicente Carrillo Fuentes.

Menurut FBI, keterlibatan Ravelo dalam dunia kriminal dimulai pada 2003. Kala itu ia dicari karena keterlibatannya dalam aktivitas pencucian uang, pemerasan, dan narkoba di El Paso. Dia didakwa atas tuduhan kriminal di Amerika Serikat pada 2008 dan 2011.

Penangkapan Ravelo dimungkinkan dengan bantuan dari beberapa badan terkait di AS, termasuk dukungan ivenstigasi dari Pusat Anti-Geng El Paso, Texas.

"Sudah delapan dan setengah tahun yang lalu kami menambahkan Eduardo Ravelo ke daftar 10 Orang Paling Dicari FBI. Saya bangga dengan kerja keras yang terus menerus dari para agen kami dan mitra penegakan hukum domestik dan internasional, kami dalam menangkap buronan yang berbahaya dan penuh kekerasan ini," kata Emmerson Buie Jr, agen khusus FBI untuk divisi El Paso seperti dilansir kfoxtv.com.

Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500