Politikus Malaysia Jamal Yunos. Foto: Jamal Yunos Dsjy/Facebook

Buronan Malaysia yang Dibekuk di Tebet Saksi Kunci Korupsi Najib Razak

Estimasi Baca:
Selasa, 3 Jul 2018 20:00:02 WIB

Kriminologi.id - Buronan asal Malaysia, Datuk Seri Jamal Yunos ternyata sudah berstatus sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang menyeret nama mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

"Yang bersangkutan ini tersangka dan saksi kunci dalam kasus itu," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 3 Juli 2018.

Jamal Yonus diduga terlibat dalam korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Ia ditangkap jajaran Polda Metro Jaya pada Senin, 2 Juli 2018 di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Usai ditangkap, Jamal langsung digelandang ke Polda Metro Jaya untuk menjalani interogasi.

Kasus ini pun menyeret salah satu nama besar yakni mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Namun belum diketahui persis detail kasus yang melibatkan Jamal ini.

Tito menjelaskan, penangkapan Jamal bermula dari pimpinan Kepolisian Diraja Malaysia yang menghubunginya untuk memberi  informasi keberadaan Jamal di Indonesia dan meminta bantuan untuk melakukan penangkapan.

Menurut Tito, Jamal diperkirakan meninggalkan Malaysia secara ilegal pada 13 Juni 2018 dan memasuki wilayah Indonesia. Sebelum akhirnya dibekuk di Jakarta, Jamal diduga sempat singgah terlebih dahulu di Medan, Sumatra Utara (Sumut).

"Beliau menyampaikan PM Mahatir Muhammad menyampaikan terima kasih ke Presiden Jokowi dan akan membuat surat resmi ke presiden karena sudah membantu investigasi kasus di Malaysia. Kami akan segera deportasi. Kalau tidak hari ini, ya besok," ujar Tito.

Reporter: Walda Marison
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500