@OneFamke

Cara Nekat Wanita 59 Tahun untuk Hindari Utang Rp 47 Miliar

Estimasi Baca:
Jumat, 11 Ags 2017 07:09:35 WIB

Kriminologi.id - Perempuan ini mengira aksi kriminalnya bisa berjalan mulus dengan mengubah wajahnya melalui operasi plastik. Tapi perjalanan Zhu Najuan, 59 tahun, akhirnya berujung tanpa dia duga. Aparat Kepolisian Cina menahan Zhu—kini berusia ‘30 tahun’—di kediamannya yang baru di kota Shenzhen Selatan, Cina.

Zhu memiliki utang 25 juta Yuan atau sekitar US$ 3,71 juta. Dia pun masih berutang kasus di pengadilan di Wuhan, Provinsi Hubei, yang memerintahkan dia melunasi utangnya. "Kami sangat terkejut melihat kejadian itu. Dia berusia tiga puluhan dan berbeda dengan foto yang kami miliki," kata polisi seperti yang dikutip Telegraph.co.uk dari Xinhua, Sabtu, 29 Juli 2017.

Dia melarikan diri ke Shenzen tahun ini dengan harapan bisa memulai hidup baru dengan wajah baru serta identitasnya yang berbeda pula. Namun, polisi di Shenzhen melacak Zhu dan menahannya. Setelah ditangkap, Zhu juga mengaku menggunakan kartu identitas orang lain untuk bepergian ke seluruh penjuru negeri dengan kereta api.

Zhu juga mengakui bahwa dia membiayai operasi plastik dengan meminjam kartu bank dari orang-orang tak dikenal. Tapi, laporan tersebut belum merinci dengan jelas siapa yang membiarkan dia meminjam rekening bank mereka.

Dia kemungkinan bakal menghadapi serangkaian kejahatan yang mencakup kasus-kasus seperti kecurangan atau pencurian identitas di luar perintah pengadilan yang meminta Zhu untuk membayar utangnya yang sangat besar.

Sejak Cina membuka pintunya untuk pinjaman pribadi pada 2014, masyarakat Cina meminjam uang dengan sangat ceroboh sampai mereka tenggelam dari utang jutaan yuan. Laporan juga mengatakan warga Cina melakukan hal-hal aneh dan ekstrem dalam usaha melepaskan diri dari tanggung jawab mereka membayar utang.

Aparat Kepolisian Cina kini tengah menggelar operasi perburuan besar-besaran untuk melacak buronan lain yang memiliki utang dari perusahaan pinjaman.

KOMENTAR
500/500