Kaki Tangan Gangster Bawa Kabur Bosnya dari Penjara Pakai Helikopter

Estimasi Baca :

Gangster Terkenal Redoine Faid (02/07/2018). Foto: Twitter @nanonlineng - Kriminologi.id
Gangster Terkenal Redoine Faid (02/07/2018). Foto: Twitter @nanonlineng

Kriminologi.id - Kaki tangan gangster tekenal membawa kabur bosnya dari penjara menggunakan helikopter, Minggu, 1 Juli 2018. Helikopter yang digunakan kaki tangan gangster spesialias perampok bank itu adalah pesawat bersayap putar yang dibajak dari lapangan terbang terdekat.

Adalah Redoine Faid (46), gangster terkenal yang kabur dengan dijemput kaki tangannya dengan helikopter bajakan dari sebuah penjara di wilayah Paris, Perancis, Minggu, 1 Juli 2018. Tiga kaki tangan Faid menerobos masuk ke dalam pennjara menggunakan bom asap.  

Saat dibawa kabur kaki tangannya, Faid sedang dikunjungi keluargannya. Diduga gangster yang dihukum 25 tahun atas kasus perampokan bank itu melarikan diri ke arah selatan Perancis.

Ini merupakan pelarian Faid yang kedua kalinya. Sebelumnya, pada tanggal 13 April 2013, Faid, dalang dari perampokan bersenjata yang merenggut nyawa polisi, itu melarikan diri dari penjara Sequited, menggunakan bahan peledak.

Lima pintu penjara diledakkan dalam sekejap dan melarikan diri dengan menahan empat orang sipir penjara. Dia kemudian berlibur menggunakan mobil dan membakar mobil tersebut di Lille dan pergi dengan kendaraan lain. Faid ditangkap kembali di Hotel B&B di Pountault-Combault, Prancis. 

Kementerian Kehakiman Prancis mengatakan, pelarian Faid yang terakhir itu hanya membutuhkan beberapa menit. Mereka menyebut tidak ada sipir yang terluka atau disandera di penjara Sud-Francilien di Reau, yang terletak di pinggiran tenggara Paris.

"Sebuah kelompok komando bersenjata mendarat di halaman penjara Sud-Francilien di Reau ketika dia berada di kamar tamu," kata otoritas penjara, seperti dilansir Foxnews.com.

Berdasarkan informasi, pilot helikopter yang dibajaknya itu pun dilepas tanpa mengalami luka sedikitpun. Helikopter itu ditemukan terbakar Minggu malam, di kota Garges-les-Gonesse, yang terletak di pinggiran utara Paris sekitar 37 mil dari penjara. 

Pria 46 tahun itu diyakini telah melarikan diri dengan menggunkan mobil dengan anak buahnya.

Menurut otoritas penjara, anak buah Faid yang terlibat dalam upaya pelarian itu meretas kunci akses ke lorong tempat Faid menunggu dengan saudara-saudaranya.

Faid dulunya adalah orang yang paling dicari di Prancis. Ia mengaku terlibat kejahatan karena terinspirasi oleh film-film seperti "Scarface".

Pada 1990-an, Faid memimpin sekelompok penjahat yang terlibat dalam perampokan sebuah bank. Saat itu mereka menggunakan kendaraan lapis baja untuk mengangkut uang.

Ia ditangkap pada tahun 1998 setelah tiga tahun dalam pelarian di Swiss dan Israel. Faid dibebaskan pada 2009 setelah menjalani 10 tahun penjara.

Pada saat dia bersumpah bahwa dia telah mengubah hidupnya, menulis sebuah buku pengakuan tentang kehidupan kejahatannya dan melakukan tur keluar negeri tahun 2010.

Namun, di tahun yang sama ia kembali terlibat dalam sebuah perampokan yang menyebabkan kematian seorang polisi wanita berusia 26 tahun, Aurelie Fouquet. Fouquet tewas dalam tembak-menembak saat berhadapan dengan kelompok Faid.  MSA

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Buronan Kaki Tangan Gangster Bawa Kabur Bosnya dari Penjara Pakai Helikopter

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu