Lokasi pembunuhan Bonar alias Kate di Kampung Tengah Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto: Rahmat Kurnia/Kriminologi.id

Pembunuh Kate 3 Kali Pindah Tempat Selama Buron, Berakhir di Palembang

Estimasi Baca:
Senin, 3 Sep 2018 13:30:09 WIB

Kriminologi.id - Buronan Budi Agus Rifai (32), pelaku pembunuhan Bonar alias Kate (28) tergolong licin menghilangkan jejak dari kejaran polisi. Budi tiga kali berpindah tempat hingga akhirnya tertangkap di Palembang, Sumatera Selatan.

Sebelumnya buronan ini sempat bersembunyi di Semarang, Jawa Tengah sebelum pindah ke Cilacap yang menjadi tempat persembunyian kedua. 

Polisi meringkus Budi, salah satu tersangka pembunuhan Bonar alias Kate (28) di Kramat Jati, Jakarta Timur beberapa waktu lalu. Agus ditangkap di rumah kerabatnya di Sungai Lilin, Palembang, Sumatera Selatan, setelah diburu kurang lebih tiga pekan.

Kapolsek Kramat Jati, Kompol Nurdin Arrahman mengatakan, pihaknya sempat kesulitan menangkap Agus. Polisi awalnya mendeteksi keberadaan Agus di daerah Semarang, Jawa Tengah, namun setelah saat mendatanginya, Agus ternyata telah pindah ke Cilacap, Jawa Tengah.

"Ketika petugas mencarinya di Cilacap tersangka sudah tidak ada, informasinya sudah pergi ke Purbalingga," ujar Kompol Nurdin saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 3 September 2018.

Tim kemudian kembali mengejar Agus ke Purbalingga. Lagi-lagi Agus menghilang. Polisi kemudia mendengar jika dia pergi ke Palembang.

Pencarian hingga ke Palembang membuahkan hasil, Agus kemudian ditangkap di rumah kerabatnya.

"Dapat informasi di Palembang, kami amankan tersangka di rumah kerabatnya di Palembang," kata Nurdin.

Kepada polisi Agus mengakui dirinya hanya ikut membantu Slamet Riyadi, salah satu pelaku yang ditangkap tak lama setelah menganiaya Kate hingga tewas.

Agus mengatakan ikut menganiaya Kate karena anaknya dibacok korban. "Pengakuannya hanya ikut membantu pelaku yang pertama, namun ia yang membacok lebih banyak," ujar Nurdin.

Bonar alias Kate (28) ditemukan tewas di Jalan Remaja II Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur dengan luka bacok di tubuhnya yang dilakukan Budi Agus Rifai dan Slamet Riyadi.

Pembunuhan dilatarbelakangi masalah dendam.

Dari informasi yang didapat Krimonologi.id keributan awal terjadi di dekat rumah korban di daerah Jalan Tamian Ujung, RT 07/04, Kramatjati, Jakarta Timur. Korban kemudian melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor.

Dua pelaku kemudian mengejar korban dengan menggunakan sepeda motor. Keduanya kejar-kejaran hingga Jalan Remaja II yang berjarak tiga kilometer dari lokasi kejadian awal di Jalan Tamian.

Di Jalan Remaja II korban salah memilih jalan. Setengah jalan Remaja II dalam perbaikan dan tidak bisa dilewati kendaraan, akhirnya korban melarikan diri dengan berlari dan meninggalkan sepeda motornya.

Kedua pelaku kemudian mengejar korban yang sudah tidak bisa kabur akibat luka sabetan celurit salah satu pelaku di tubuhnya.

Korban sempat berlari namun kembali terjatuh di depan rumah kosong atau 12 meter dari korban meninggalkan sepeda motornya. Korban kemudian dihabisi pelaku.

Reporter: Rahmat Kurnia
Penulis: Marselinus Gual
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500