Pemusnahan petasan di Polsek Pagedangan, Tangerang (04/06/2018). Foto: Mitrapol

Pemilik Pabrik Petasan Musiman di Tangerang Buron, Namanya Dikantongi

Estimasi Baca:
Senin, 4 Jun 2018 13:05:22 WIB

Kriminologi.id - Pemilik pabrik petasan musiman yang digerebek di Pagedangan, Kabupaten Tangerang masih buron. Polisi sudah mengantongi identitas pemilik usaha musiman itu dengan inisial R. 

Saat digerebek, polisi hanya menemukan tumpukan petasan siap jual di rumah pemilik pabrik musiman tersebut. 

"Sampai saat ini kami masih memburu pemilik modalnya. Sebentar lagi kami tangkap," ucap Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolsiian Resor Tangerang Selatan Ajun Komisaris Alexander Yurikho kepada Kriminolog.id dalam keterangannya, Senin, 4 Juni 2018.

Alex menambahkan setelah penggerebekan pabrik rumahan pembuatan petasan yang berada di Kampung Kandang, Kelurahan Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pihaknya terus menelusuri keberadaan pemilik pabrik tersebut. 

Sosok R, pemilik pabrik petasan saat ini belum diketahui keberadaannya. Sebab, saat polisi mendatangi kediamannya yang berada tak jauh dari lokasi penggerebekan, polisi hanya menemukan ribuan petasan siap edar.

Polisi telah mengamankan dua orang karyawan atau penjaga pabrik itu yang saat ini telah menjalani pemeriksaan. Dikatakannya, kedua orang itu merupakan warga sekitar yang dipekerjakan oleh R untuk membuat dan menjaga lokasi pembuatan petasan itu.

Berdasarkan keterangan pekerja pabrik petasan, kata Alex, ribuan petasan itu akan diedarkan ke seluruh wilayah Tangerang. Namun, tak menutup kemungkinan petasan-petasan itu juga disebar ke luar wilayah Tangerang. 

"Kalau dari pemeriksaan peredaran petasan ini ke Tangerang Raya," kata Alex. 

Sebelumnya diberitakan, Tim gabungan Polsek Pagedangan dan Vipers Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap rumah produksi petasan di kampung Kandang RT 06/01 kelurahan Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Dari hasil penggeledahan, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa dua ribu butir petasan siap edar, satu kilogram potasium, empat kilogram bron percikan, enam renteng sumbu siap pakai, dua tumpuk koran bekas, 1.500 cangkang petasan, dan sejumlah alat untuk memproduksi petasan.

Reporter: Rizky Adytia
Redaktur: Syahrul Munir
KOMENTAR
500/500