Polsek Medan Satria Bekasi tangkap pelaku curanmor yang kerap beraksi di halaman parkir masjid. Foto: Rahmat Kurnia/Kriminologi.id

Polisi Ringkus Buronan Curanmor Spesialis Masjid, Modus Ikut Salat

Estimasi Baca:
Selasa, 7 Ags 2018 22:00:31 WIB

Kriminologi.id - Kepolisian Sektor Medan Satria membekuk NS (35) pelaku pencurian sepeda motor yang terjadi di Halaman Masjid Al-Muhajirin Griya Harapan Permai, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi Senin, 16 April 2018 pukul 15.30 WIB.

NS kemudian ditangkap pada Sabtu, 4 Agustus 2018 di rumah kontrakan di daerah Cakung Barat, Jakarta Timur setelah menjadi buronan kepolisian selama empat bulan lamanya.

Kapolsek Medan Satria, Kompol I Made Suweta menjelaskan, pelaku NS kerap kali melakukan aksi pencurian di halaman masjid. Aksinya dilakukan ketika korban dan para jemaah lainya sudah melaksanakan ibadah.

Bahkan agar telihat menyakinkan, pelaku masuk ke dalam masjid dan berpura-pura ikut beribadah, namun barisannya paling belakang.

"Modusnya orang lengah baru datang. Rata-rata yang diincar itu orang yang baru parkir di Halamam Masjid. Dia juga ikut salat kalau sudah aman baru beraksi," ujar I Made Suweta kepada wartawan, Selasa, 7 Agustus 2018.

Dalam menjalankan setiap aksi kejahatannya, ia menambahkan, pelaku selalu membawa senjata api untuk berjaga-jaga. Tidak hanya itu, pelaku juga mengonsumsi narkoba agar percaya diri.

"Sebelum operasi dia pakai sabu-sabu dulu. Tujuannya buat percaya diri ketika beraksi dan menggunakan senjata api jenis soft gun," kata Suweta.

Dari penangkapan NS polisi mengamankan barang bukti berupa satu lembar STNK sepeda motor, dua buah kunci kontak, satu set kunci letter T, satu alat bong hisap sabu, satu buah senjata api jenis soft gun, dan satu buah golok.

"Barang itu kami dapatkan saat melakukan penangkapan pelaku di rumahnya," ujar Suweta.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan hukuman penjara maksimal 12 tahun.

Reporter: Rahmat Kurnia
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500