Ilustrasi Curanmor (13/07/2018). Foto: Tribratanews

Polres Sumedang Tangkap Buronan Curanmor Spesialis Antarkampung 

Estimasi Baca:
Rabu, 8 Ags 2018 19:25:03 WIB

Kriminologi.id - Dua pelaku pencurian yang kerap melakukan aksinya di tiga kecamatan di Kabupaten Sumedang, yakni kecamatan Pamulihan, Tanjungsari, dan Rancakalong diamankan jajaran Satreskrim Polres Sumedang.

Kedua pelaku yang merupakan spesialis pencurian kendaraan bermotor antarkampung ini, diamankan pada 6 Agustus 2018 kemarin, setelah selama dua bulan menjadi buronan polisi.

Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo menjelaskan, kedua pelaku merupakan target Polres Sumedang.

"Kedua pelaku ini saat beraksi kerap melukai korbannya, jika kepepet ketahuan saat mencuri kendaraan bermotor roda dua," katanya, Rabu (8/8).

Aksi terakhir kedua pelaku, yakni pada 6 Juni 2018. "Mereka berdua (pelaku) memiliki kunci palsu segala jenis merk motor," uja Hartoyo.

Kedua pelaku, terakhir mencuri kendaraan Sepeda Motor Merk Yamaha Jupiter MX/2S6 135 CC, dengan No. Pol: Z - 2089 - AR, Tahun 2008, Warna Biru, Noka: MH32S60028K384605, Nosin: 2S6384979, STNK a.n. TATA SASMITA dengan alamat: Cikopo RT. 004/RW. 015, Ds. Pasanggrahan, Kec. Sumedang selatan, Kab. Sumedang. 

Kedua pelaku ini aksi terakhirnya, mencuri motor yang diparkir di pinggir jalan. Korban meninggalkan motornya sekitar pukul 21.00 WIB, pada 6 Juni 2018.

"Korban atas nama Maman, ketika sudah selesai bekerja rencana akan mengambil motor tersebut yang di parkir di pinggir jalan untuk pulang ke rumah, ternyata sepeda motor tersebut sudah tidak ada di tempat," kata Hartoyo.

Kedua pelaku atas nama Dedi Wahyudi dan Ade Sutisna ditangkap di kawasan perbukitan Rancakalong.

"Saat ditangkap, kedua pelaku tanpa perlawanan. Dari tangan kedua pelaku diamankan alat kejahatan berupa celurit, serta barang bukti hasil kejahatan," ujar Hartoyo.

Untuk barang bukti hasil kejahatan, yakni satu unit sepeda motor Merk Yamaha Vino, satu unit sepeda motor Merk Jupiter MX , satu unit sepeda motor Merk Kawasaki KLX , satu unit sepeda motor Merk Yamaha Mio, satu unit sepeda motor Merk Suzuki Satria FU, satu unit sepeda motor Merk Yamaha Vixion.

"Enam unit kendaraan roda dua hasil kejahatan kita amankan, dalam pengakuannya kedua pelaku beraksi dari kampung ke kampung," kata Hartoyo.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 363 KUHP.

"Ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. Saat ini tim Satreskrim masih mendalami motor yang dijual ke penadah dan jaringan pelaku pencurian antarkampung di Sumedang ini," ujar Hartoyo.

Reporter: Arief Pratama
Redaktur: Djibril Muhammad
KOMENTAR
500/500