Spesialis Pencuri Rumah Kosong Ditembak, Otak Pelakunya Residivis

Estimasi Baca :

Ilustrasi maling (Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id) - Kriminologi.id
Ilustrasi maling (Amin H. Al Bakki/Kriminologi.id)

Kriminologi.id - Komplotan pencuri spesialis rumah kosong (Rumsong) yang dikenal licin dalam beraksi dibekuk petugas Satgas Rumsong di tempat persembunyiannya, Sabtu, 23 Juni 2018.

Tiga kaki tangan komplotan pencuri rumsong ditangkap di rumah kontrakan yang berbeda. Satu di antaranya ditembak karena melawan petugas.  

Sedangkan dalang komplotan pencurian spesialis rumsong, yakni seorang residivis kawakan masih buron. 

Tiga kaki tangan perampok rumsong yang ditangkap adalah Oku Puad Sampurna (25) dan Samawati (48). Keduanya ditangkap setelah polisi melakukan pengembangan dari pria berinisial SS, yang pertama kali ditangkap.

Ia merupakan pelaku yang masih di bawah umur. Sedangkan pelaku yang ditembak bernama Oku Puad Sampurna, yang terpaksa dihadiahi timah panas di kakinya. 

"Satu tersangka terpaksa kami tindak tegas karena mencoba melawan ya. Sekarang kami masih periksa tiga tersangka ini untuk mencari anggota lainnya," kata kata Kepala Unit Reserse Kriminal Umum Kepolsian Resor Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Rulian Syauri saat dikonfirmasi, Senin, 25 Juni 2018.

Rulian menambahkan penangkapan ini bermula dari tindak lanjut kasus pencurian di kawasan Kalideres, Jakarta Barat yang dilakukan kelompok tersebut.

Komplotan ini membobol dua rumah di kawasan Kramatjati, Jakarta Timur dalam waktu lima hari. Setelah melakukan penelusuran, petugas menangkap SS, yang merupakan kaki tangan komplotan rumah kosong.

Pelaku yang masih di bawah umur ini sama sekali tak melawan saat ditangkap. Berdasarkan keterangan dari SS ini, petugas menangkap dua pelaku lainnya di tempat persembunyiannya yang berbeda. 

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolsian Resor Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Edy Suranta Sitepu mengatakan, ketua kelompok pencurian yang bernama Udin dan anggotanya, Mona, masih diburu.

Sosok Udin sendiri, kata Edy, merupakan penjahat yang dikenal licin. Dari data yang dimilikinya, Udin dan kelompoknya kerap beraksi di seluruh kawasan Ibu Kota.

Selain itu, Udin tecatat telah tiga kali keluar masuk penjara dalam kasus serupa.

"Dia ini residivis yang cukup meresahkan, tiga kali keluar masuk penjara, pada tahun, 2014, 2015, dan 2017. Pelaku terkenal licin. Saat ini tim Satgas Rumsong masih dilapangan melakukan pengejaran terhadap pelaku," kata Edy. DP

Baca Selengkapnya

Home Rekam Jejak Buronan Spesialis Pencuri Rumah Kosong Ditembak, Otak Pelakunya Residivis

KOMENTAR

Tulis Komentar Kamu

Silahkan masuk terlebih dahulu
Silahkan tulis komentar kamu