ilustrasi daftar jenderal TNI yang ditolak masuk AS.Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Krimonologi.id

Daftar 6 Jenderal TNI Ditolak Masuk AS

Estimasi Baca:
Senin, 23 Okt 2017 13:25:31 WIB

Kriminologi.id - Pemerintah Amerika Serikat menolak kedatangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang sedianya akan menghadiri acara konferensi di Washington DC atas undangan Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat, Jenderal Joseph Dunford di Washington DC. 

Isu penolakan ini membuka cerita lama soal penolakan AS terhadap beberapa petinggi TNI yang akan bertandang ke negeri Paman Sam itu. Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Endriartono Sutarto pada suatu kesempatan pernah membenarkan soal embargo AS terhadap para Jenderal yang akan bertandang ke negeri itu. 

"Memang ada fakta kalau 7, 9, 10 jenderal kita diembargo Amerika Serikat, karena kasus pelanggaran hukum, mengapa harus dibantah? Itu fakta," katanya pada tahun 2014 lalu.

Pemerintah AS tak pernah memberi penjelasan resmi terkait penolakan itu. Namun hampir semuanya ditolak karena dianggap terlibat pelanggaran HAM selama masih aktif menjadi militer.

Kriminologi menelusuri para petinggi TNI yang pernah dicegah masuk ke AS itu. Berikut nama-namanya:

Baca: Ditolak Masuk AS, Jenderal Gatot Putuskan Tak Hadiri Undangan

1. Wiranto

Jenderal Wiranto. Foto: Ist/Kriminologi.id

Menteri Kordinator Poltik Hukum dan HAM ini pernah merasakan penolakan Amerika Serikat. Penolakan itu terjadi pada 15 Januari 2004 saat pemerintah AS menyatakan Jenderal Wiranto yang saat itu menjabat Panglima TNI sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam pelanggaran HAM di Timor Leste dan bertanggungjawab atas tewasnya 1.500 orang saat berlangsungnya referendum di negara itu pada tahun 1999.

2. Prabowo Subianto

Jenderal Prabowo Subianto. Foto: Ist/Kriminologi.id

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga pernah merasakan penolakan oleh Amerika Serikat. Itu terjadi saat Prabowo hendak menghadiri wisuda putranya di sebuah universitas di Boston pada tahun 2014. Penolakan Prabowo disebut karena mantan Pangkostrad itu terlibat dalam beberapa pelanggaran HAM di Indonesia saat pemerintahan Presiden Soeharto.

3. Sjafrie Sjamsoedin

Jenderal Sjafrie Sjamsoedin. Foto: Ist/Kriminologi.id

Sjafrie merasakan penolakan masuk Amerika Serikat pada tahun 2009. Sjafrie yang hendak menemani Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono menghadiri pertemuan G-20 di Pittsburgh pada 23 September hingga 1 Oktober 2009 ditolak kedatangannya. 

Sjafrie yang pada saat itu menjabat Sekjen Departemen Pertahanan ditolak masuk AS karena diduga terlibat adalam kasus pelanggaran HAM di Santa Cruz, Dili tahun 1991 dan pelanggaran HAM selama kerusuhan 1998 saat ia menjabat sebagai Pangdam Jaya. 

Baca: Jenderal Gatot Ditolak Masuk AS, Kedubes di Jakarta Minta Maaf

4. Zacky Anwar Makarim

enderal Zacky Anwar Makarim. Foto: Ist/Kriminologi.id

Pemerintah Amerika Serikat juga pernah menolak kedatangan Zacky Anwar Makarim pada tahun 2014. Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI itu dianggap terlibat dalam kasus pelanggaran HAM di Santa Cruz, Dili tahun 1991.

5. Pramono Edhie Prabowo

Jenderal Pramono Edhie Prabowo. Foto: Ist/Kriminologi.id

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat yang kini menjadi politisi Partai Demokrat ini juga pernah merasakan penolakan saat hendak bertandang ke Amerika Serikat pada tahun 2009. Namun, Pramono meluruskan persoalan ini. Pada tahun 2014, ia menyebut pernah berkunjung ke wilayah AS di Pangkalan Komando Militer Amerika Serikat di Hawai dalam kapasitasnya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat pada tahun 2012.

6. Gatot Nurmantyo

Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Ist/Kriminologi.id

Gatot adalah yang terkini merasakan penolakan memasuki negara Amerika Serikat. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sedianya akan menghadiri acara konferensi di Washington DC atas undangan Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford. Meskipun telah mengantongi visa dan undangan Jenderal Dunford, namun Gatot ditolak masuk ke negeri Paman Sam.

Baca: RI Protes AS, Minta Klarifikasi Ditolaknya Jenderal Gatot

Keberangkatan Jenderal Gatot beserta isteri dan rombongan ke AS pada Sabtu 21 Oktober 2017 gagal karena maskapai Emirates yang mengangkut rombongan Jenderal Gatot mendapat pemberitahuan bahwa Jenderal Gatot dilarang masuk ke wilayah AS oleh US Custom and Border Protection.

Infografik Daftar Jenderal Ditolak Masuk AS

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri telah melayangkan Nota Diplomatik atas insiden penolakan itu dan meminta pemerintah AS memberikan penjelasan. RZ

Reporter: Reza Yunanto
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500