Ilustrasi tato stones di punggung wanita korban mutilasi Karawang. Ilustrasi: Kriminologi.id

Fakta-fakta Korban Mutilasi Karawang, dari Tato Hingga Seragam

Estimasi Baca:
Senin, 11 Des 2017 14:03:53 WIB

Kriminologi.id - Mayat perempuan tanpa identitas yang ditemukan warga di Dusun Ciranggon, Majalaya, Karawang, Jawa Barat, Kamis, 7 Desember 2017, masih menjadi misteri. Mayat yang ditemukan dalam kondisi terbakar tanpa kepala dan kedua kaki itu ditemukan warga yang melintas di dekat lokasi kejadian.

Dari penemuan mayat tersebut terungkap sejumlah fakta. Kriminologi merangkum fakta-fakta tersebut yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Ditemukan di Depan Kantor Pemasaran Perumahan

Mayat dalam kondisi gosong dan tanpa kepala serta kaki tersebut ditemukan pada Kamis sore, 7 Desember 2017. Lokasi penemuan terletak di sebuah kebun kosong yang ditumbuhi rerumputan. Kebun kosong itu berada persis di depan sebuah kantor pemasaran perumahan.

Awalnya, sejumlah anak Taman Kanak-kanak yang tengah melintas di depan sebuah kantor pemasaran salah satu perumahan perumahan. Kemudian anak-anak tersebut melaporkannya kepada warga sekitar. Lingkungan kantor perumahan tersebut dikenal sepi sehingga jarang orang yang berlalu lalang.

Baca: Mayat Gosong Karawang, Dibunuh dan Dimutilasi Kemudian Dibakar

2. Korban Pembunuhan

Pihak kepolisian menduga kuat mayat yang ditemukan di Karawang, Jawa Barat, itu merupakan korban pembunuhan. Polisi yakin seusai dibunuh mayat tersebut sempat dimutilasi terlebih dahulu sebelum akhirnya dibuang dan dibakar di lokasi penemuan. 

"Dugaan awal kami korban dibunuh lalu dipotong bagian tubuhnya, selanjutnya korban dibuang di TKP lalu dibakar oleh pelaku," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus di Mapolda Jawa Barat, Jumat, 8 Desember 2017. 

Infografik Fakta-fakta korban mutilasi di Karawang. Infografik: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Baca: Korban Mutilasi Karawang, Forensik: Tingkat Kesulitannya Tinggi

3. Punya Tato Kupu-kupu dan Tulisan Stones

Satu-satunya petunjuk yang dimiliki polisi dalam proses mengungkap identitas korban adalah terdapat dua buah tato. Tato tersebut terletak di bagian dada dan punggung korban. Selain itu ada sebagian pakaian yang masih melekat di jasad mayat koban mutilasi itu.

Baca: Sketsa Tato Disebar untuk Ungkap Identitas Korban Mutilasi Karawang

4. Sidik Jari Rusak

Modus membakar mayat korban, diduga sengaja digunakan pelaku untuk menghilangkan jejak pembunuhan. Pihak kepolisian mengakui, pemeriksaan sidik jari sudah tidak bisa lagi digunakan untuk mengungkap identitas.

"Kami tengah fokus untuk mencari identitas korban dulu, apalagi jari tangan sudah tak bisa dites menggunakan alat sidik jari," kata Kasat Reskrim Polres Karawang, AKP Maradona Armin Mappaseng dalam keterangan kepada media di Mapolres Karawang, Sabtu 9 Desember 2017.

Baca: Sisir TKP Mayat Gosong Termutilasi, Tali dan Baju Batik Ditemukan

5. Ditemukan Baju Batik Sekolah

Aparat Polres Karawang dan Polda Jawa Barat menelusuri lokasi penemuan mayat tersebut. Tim bergerak menyisir lokasi pembunuhan dan menemukan barang bukti baru berupa tali dan baju batik yang diduga seragam milik korban.

“Dari hasil penelusuran di lokasi penemuan mayat, ditemukan sejumlah petunjuk atau barang bukti berupa seutas tali tambang dan baju batik sekolah,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus di Markas Polda Jawa Barat, Jumat, 8 Desember 2017. 

KOMENTAR
500/500