Foto Diduga Pelaku Zodiac Killer. Foto: Ist/Kriminologi.id

Misteri Surat Bersandi dari Zodiac Killer, Si Pembunuh Berantai

Estimasi Baca:
Minggu, 19 Nov 2017 15:00:00 WIB

Kriminologi.id - Kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh The Zodiac Killer terjadi dalam waktu sepuluh tahun, sekitar tahun 1960-an, telah menghebohkan Amerika Serikat. Identitas pelaku yang mengklaim sudah menghabisi 37 nyawa itu hingga kini masih misterius.

Pelaku, yang diduga pria ini,  mulai beraksi, sekitar 50 tahun lalu di California Utara. Media setempat menjulukinya The Zodiac Killer, lantaran selalu ada surat dengan menyebutkan kata zodiac yang dikirimkan ke sejumlah media lokal, setiap kali ada aksi pembunuhan. Diduga, surat-surat itu berasal dari si pembunuh berantai.

Tidak ada yang pernah mengetahui siapa pengirimnya. Yang jelas, di setiap  surat-surat yang dikirim itu tersimpan kriptogram dan sandi-sandi yang membingungkan. Pemeriksaan tiga dari sejumlah surat yang dikirim bahkan belum terselesaikan hingga saat ini.

 

Dalam salah satu suratnya, pelaku meminta kepada media agar surat yang ia kirimkan dimuat di halaman pertama. Bila tidak dilakukan, ia mengancam akan melakukan pembunuhan lagi tiap malam. Akhirnya, ketiga media tersebut menerbitkan tulisan nya dengan headline surat yang diklaim dari pembunuh itu.

Dalam salah satu suratnya yang dikirim ke surat kabar lokal, penulisnya telah mengklaim sudah membunuh sebanyak 37 kali. Tetapi, setelah polisi setempat melakukan penyelidikan, hanya 7 orang yang diketahui menjadi korban aksi Zodiac Killer, bahkan dua korban di antaranya berhasil lolos dari maut.

Para korban dari aksi jahat Zodiac Killer dibunuh di empat tempat yang berbeda, di antaranya Benicia, Vallejo, Danau Berryessa, dan di daerah San Fransisco. Korban adalah empat pria dan tiga wanita yang diperkirakan berumur 16 hingga 29 tahun.

Dari data kepolisian setempat, pembunuhan pertama yang diduga dilakukan oleh Zodiac Killer ini adalah penembakan Betty Lou Jensen dan David Faraday pada 20 Juni 1968 di area danau Herman Road, Benicia.

Baca: Razia Mata-mata, Otoritas Cina Tangkap Warga Jepang

Korban berikutnya adalah Michael Renault Megeau dan Darlene Elizabeth Ferrin. Pasangan ini ditembak pada 4 Juli 1969 di sebuah lapangan parkir di Blue Rock Springs Park di Vallejo. Michael selamat dari serangan itu, tapi Ferrin dinyatakan meninggal ketika dalam perjalanan ke rumah sakit.

Berbeda dengan aksi sebelumnya, pelaku berusaha membunuh pasangan Bryan Calvin Hartnell dan Cecelia Ann Shepard dengan cara menusuk. Kedua korban ini diserang di area danau Berryessa pada 27 Sepetember 1969. Bryan dapat bertahan dengan 6 luka tusukan di belakang tubuhnya, sedangkan Cecelia mendapatkan luka yang cukup parah dan tidak dapat bertahan. Ia dinyatakan meninggal pada 29 September 1969.

Korban pembunuhan berantai ketujuh menurut versi polisi adalah Paul Lee Stine, 29 tahun. Pria ini ditembak mati pada 11 Oktober 1969 di lingkungan sekitar Heights Presidio, San Fransisco.

Baca: AS Tahu Rencana Angkatan Darat Indonesia Bantai PKI

Sejumlah tersangka sudah ditangkap oleh polisi, namun tidak cukup bukti untuk menetapkan mereka terlibat dalam pembunuhan berantai ini. Kepolisian San Fransisco pun akhirnya menutup kasus ini pada 2004. Kepolisian mengaku kesulitan dalam menyelidiki kasus ini.  Tapi pada 2007, kasus ini kembali dibuka. Kasus ini juga dibuka kembali di Kota Vallejo, Napa County, dan Solano County. Bahkan, Departemen Kehakiman di California telah mengusut kasus ini sejak 1969.

Identitas dari Zodiac killer masih misterius hingga sekarang ini. Perilaku unik dan kekejamannya membuat beberapa orang menganggap The Zodiac Killer adalah seorang psikopat.  YE

KOMENTAR
500/500