Lutviah Sari, Mahasiswi UI yang hilang, Foto: Instagram

Dilaporkan Hilang, Lutviah Sari Dikenal Aktif Berorganisasi

Estimasi Baca:
Selasa, 24 Okt 2017 10:55:49 WIB

Kriminologi.id - Lutviah Sari, mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dilaporkan hilang ke Polresta Depok pada Senin 23 Oktober 2017. Sebagai mahasiswa yang baru satu tahun merasakan bangku perkuliahan, Lutviah tercatat aktif berorganisasi dan mengikuti berbagai kegiatan. 

Kriminologi menelusuri Lutviah dari akun Facebook miliknya. Ia diketahui berasal dari Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Sebelum merantau ke Depok, Lutviah menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di kampung halamannya di Madura. Ia menyelesaikan pendidikannya di SDN Ketetang 1 Bangkalan, SMPN 1 Kwanyar, dan SMAN 3 Pamekasan. 

Baca: Mahasiswi UI Hilang, Orang Tua Terakhir Komunikasi September

Sebagai mahasiswa, Lutviah juga turut terlibat dalam berbagai aktifitas organisasi kemahasiswaan, seperti Forum Mahasiswa Peduli Kesehatan Reproduksi Remaja atau Rumah Panda yang digagas oleh BEM FKM-UI. Di forum itu, Lutviah menjabat sebagai staf biro. 

Rumah Panda adalah wadah yang dikelola mahasiswa dengan tujuan memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang kependudukan dan keluarga berencana melalui fokus penyuluhan terkait kesehatan reproduksi dengan ruang lingkup aspek-aspek pemberian informasi seksualitas, napza, dan HIV/AIDS, pendewasaan usia perkawinan, pelayanan konseling dan kegiatan lain yang sesuai dengan minat mahasiswa. 

Tak hanya mengikuti kegiatan kemahasiswaan, Lutviah juga menjadi agen marketing sebuah produk kecantikan berlabel Nu Amoorea. 

Baca: Mahasiswi UI yang Hilang Sempat Hampir Terjerumus Aliran Sesat

Lutviah terakhir kali posting di akun Facebook-nya pada 24 September 2017. Ia mengunggah swafoto dirinya. Dalam foto itu, Lutviah mengabarkan akan kembali ke kampung halaman akhir Desember 2017. Tak hanya itu, Lutviah juga kerap mengunggah foto "Save Palestine". 

Sebelumnya, Lutviah yang dilaporkan hilang ternyata sudah tiga pekan tak mengikuti kegiatan perkuliahan. Hal itu diketahui dari absensi perkuliahan yang dimiliki oleh pihak fakultas. Kabar hilangnya Lutviah pertama kali diketahui dari mahasiswa. Mereka memberi tahu soal Lutviah yang tak pernah muncul dalam perkuliahan.

Baca: Sebelum Hilang, Mahasiswi UI Sudah Tiga Minggu Tak Masuk Kuliah

Pihak kemahasiswaan lalu melakukan pengecekan di absensi mahasiswa. Dari pengecekan yang dilakukan, ternyata mahasiswi angkatan 2016 itu memang tidak pernah mengikuti perkuliahan selama tiga minggu terakhir. 

Sadar ada mahasiswanya yang hilang, pihak kampus lalu melakukan pencarian. Selain itu, kampus juga telah melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian sejak Senin 23 Oktober 2017. AMR | RZ | BC

Reporter: Arif Muhammad Riyan
Redaktur: Reza Yunanto
KOMENTAR
500/500