Evakuasi korban Kapal Berkat Anugerah tenggelam di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Foto: Ist/Kriminologi.id

Penumpang Kapal Loncat ke Laut, 5 Hari Pencarian Belum Ditemukan

Estimasi Baca:
Selasa, 17 Jul 2018 05:05:27 WIB

Kriminologi.id - Seorang warga Papua yang belum diketahui identitasnya hingga kini belum ditemui usai melompat ke laut dari sebuah kapal motor atau KM Cantika Lestari 88 pada Kamis, 12 Juli 2018. Korban diketahui melompat di perairan Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.

Kepala Kantor Search and Rescue atau SAR Jayapaura, Melkianus Kotta, mengatakan pencarian terhadap korban telah memasuki hari kelima. Pencarian yang dilakukan oleh segenap jajarannya telah dilakukan di sejumlah titik. Namun, hingga kini pencarian belum membuahkan hasil.

“Dari laporan yang diterima, hingga hari kelima pencarian, tim belum menemukan warga yang melompat di perairan Sarmi itu. Perkembangan pencarian sampai hari kelima ini masih nihil, meskipun pencarian sudah dilakukan disejumlah titik,” kata Melkianus Kotta di Jayapura, Papua.

Menurut Melkianus, pencarian terhadap korban oleh pihaknya tak selalu mulus. Pada Minggu, 15 juli 2018, tim SAR Jayapura menghadapi kendala karena hujan lebat hampir seharian pada waktu tersebut. Tak hanya itu, gelombang besar juga cukup tinggi hingga mencapai 2 sampai 3 meter. 

Melkianus menjelaskan, peristiwa hilangnya korban usai melompat ke perairan Sarmi diketahui pihaknya ketika pada Kamis, 12 Juli 2018, seorang bernama Robert melaporkan ada anggota keluarganya yang hilang saat menumpang sebuah kapal. 

Korban hilang, kata Melkianus, saat melakukan perjalanan dari Jayapura menuju Kasonaweja, Mamberamo Raya. Ketika kapal melintas di perairan Sarmi, korban melompat dari Kapal Motor Cantika Lestari 88.

Kejadian tersebut terjadi pada Selasa malam, 10 Juli 2018 sekitar pukul 22.00 WIT. Dua hari berselang atau pada Kamis, 12 Juli 2018 Pos SAR Sarmi bersama Polair Polres Sarmi dan anggota TNI Angkatan Laut setempat, bersama keluarga korban melakukan pencarian. Namun, hingga lima hari pencarian, korban belum juga ditemukan. 

Penulis: Tito Dirhantoro
Sumber: Antara
KOMENTAR
500/500