Kolase mahasiswi yang hilang Lutviah Sari, Ilustrasi: Kriminologi.id

Selain Lutviah Sari, Ini Mahasiswa UI yang Pernah Hilang

Estimasi Baca:
Selasa, 24 Okt 2017 13:57:09 WIB

Kriminologi.id - Lutviah Sari, mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menghilang 21 hari. Vivi, panggilan sahabatnya, terakhir kali terlihat di Kukusan Teknik, Beji, Depok, 2 Oktober 2017. Sebelum menghilang, Vivi diketahui tidak masuk kuliah selama dua pekan. Hingga saat ini pihak kepolisian dan keluarga sedang berusaha mencari Vivi.

Baca: Dilaporkan Hilang, Lutfiah Dikenal Aktif Berorganisasi

Selain Vivi, kriminologi mencatat ada enam orang mahasiswa dan mahasiswi asal Universitas Indonesia yang menghilang atau sempat menghilang sejak 2015 hingga 2017 yang dapat disimak berikut ini:

14 Januari 2015

Sejak 14 Januari 2015 Danny Ashri Fajar Purba dinyatakan menghilang dari tempat kosannya di Apartemen Margonda Residence, Depok. Ibunya di Batam melaporkan hilangnya mahasiswa angkatan 2011 Jurusan Sastra Arab Fakutas Ilmu Budaya Universitas Indonesia itu ke Kepolisian Resor Kota Depok. Berdasarkan penyelidikan polisi diketahui sinyal terakhir dari ponsel Danny berada di sekitar Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Baca: Mahasiswi UI Hilang, Orang Tua Terakhir Komunikasi September

Setelah hampir dua bulan menghilang akhirnya 24 Februari 2015 Danny pulang ke rumahnya. Ibunya sempat curiga bahwa Danny terlibat dalam gerakan radikal namun menurut keterangan polisi, Danny dinyatakan tidak terlibat. Selama menghilang, Danny berada di Yogyakarta dan di Bali.

16 Oktober 2015

Gadis cantik mahasiswi Jurusan Arsitektur Interior Fakultas Teknik Universitas Indonesia angkatan 2014 tidak terdengar kabarnya sejak 16 Oktober 2015. Safira Permatasari terakhir terlihat naik taksi biru di daerah Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Setelah itu Safira tidak kembali ke rumah dan ponselnya tidak aktif.

Hilangnya Safira ternyata menjaid kasus penculikan karena pelaku meminta tebusan US$ 1 juta. Akhirnya pelaku penculikan tertangkap dan Safira pulang ke rumah pada 20 Oktober 2015.

1 Desember 2015

Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia dikabarkan hilang dari tempat kosnya di kawasan Kukusan. Al Habib Pratama adalah mahasiswa angkatan 2011 dikabarkan hilang setelah dia meninggalkan tempat kosnya di kawasan Kukusan Teknik, Beji, Depok tanpa membawa dompet dan ponselnya.

Kecurigaan muncul saat ditemukan catatan di ponselnya yang terlihat seperti surat untuk berpamitan pada teman dan keluarganya. Akhirnya pada 4 Desember 2015, Habib ditemukan oleh salah seorang rekannya sedang berjalan seorang diri dan tampak linglung di daerah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Baca: Mahasiswi UI Hilang, Orang Tua Terakhir Komunikasi September

Desember 2015

Elinda Sinta Resmi adalah mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia angkatan 2012. Elinda tidak diketahui kabarnya sejak Desember 2015 dan terakhir kali terlihat di tempat kosnya pada November 2015.

Walaupun menghilang, Elinda tetap membayarkan uang sewa kosnya pada pemilik kos melalui transfer. Seluruh barang Elinda juga masih di dalam kamar kos. Namun, berdasarkan penelusuran Kriminologi belum ada kabar yang memberitahukan apakah Elinda sudah ditemukan atau belum.

10 Januari 2016

Nadil Muhammad Zakir, mahasiswa Jurusan Ilmu Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dinyatakan menghilang dari rumahnya di Tambun, Bekasi. Nadil berpamitan pada Ibunya untuk menunaikan salat ashar di masjid dekat rumahnya tetapi hingga tengah malam anak tersebut tak juga pulang.

Sebelum menghilang memang Nadil terlihat berubah menjadi lebih tertutup dan pendiam sehingga orang tuanya khawatir anaknya terlibat kegiatan kelompok radikal. Akhirnya setelah 16 hari menghilang, Nadil pulang ke rumah. Selama dia di rumah belum diceritakannya perihal apa yang dia lakukan selama menghilang.

Baca: Mahasiswi UI yang Hilang Hampir Terjerumus Aliran Aneh

9 Januari 2017

Mahasiswi Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Mutiara Soprima dinyatakan menghilang. Mutiara izin kepada orang tuanya untuk jalan-jalan ke mal dekat rumahnya. Mutiara terakhir kali terlihat di kawasan pertigaan Al Azhar Sumarecon Bekasi, Jawa Barat.

Tidak diketahui penyebabnya dan beberapa hari terakhir Mutiara menderita demam sehingga dia bekerja di rumah. Pekerjaan Mutiara sendiri kemungkinan besar editor naskah, karena saat di rumah dia membahaa naskah yang menjadi tanggung jawabnya. Hingga kini belum ada kejelasan apakah Mutiara telah ditemukan atau masih menghilang. BC

KOMENTAR
500/500