Kasubdit Dikyasa Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel, AKBP Nina Rahmi (11/05/2018). Foto: Tribratanews

AKBP Nina Rahmi: Ibu yang Taat Lalu Lintas Bisa Selamatkan 1 Generasi

Estimasi Baca:
Jumat, 11 Mei 2018 17:30:32 WIB

Kriminologi.id - Sosok ibu bisa menjadi penyelamat generasi dalam memperkecil korban kecelakaan lalu lintas. Ibu yang patuh dan taat terhadap aturan lalu lintas bisa menyelamatkan satu generasi.

Hal ini diutarakan oleh Kasubdit Dikyasa Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi, Jumat, 11 Mei 2018. Polisi wanita (Polwan) berpangkat dua kembang melati emas itu berharap kaum hawa ini bisa mengajarkan kepada anaknya untuk selalu tertib dan mematuhi aturan dalam berkendaraan di jalan raya. 

"Kalau ibu-ibu peduli keselamatan itu juga berarti kaum hawa peduli terhadap keberlangsungan generasi penerus," katanya di Banjarmasin, Jumat, 11 Mei 2018.

Nina menjelaskan kata-kata hikmah jika ibu adalah sekolah (tempat pendidikan) pertama, maka peran ibu sangat penting dalam mengajarkan anaknya yang baik-baik termasuk dalam berlalu lintas.

"Maka seorang ibu yang mengajarkan tertib berlalu lintas berarti telah menyelamatkan satu generasi," jelasnya.

Nina juga mengakui, selama ini dari kaum ibu justru cenderung cuek dan tidak peduli perilaku berkendara anaknya di jalan raya yang kurang tertib dan membahayakan bagi dirinya sendiri dan pengguna jalan lain.

Bahkan ironisnya, ungkap Nina, ada juga justru dari kaum hawa tersebut yang kerap melanggar aturan berlalu lintas seperti tidak menggunakan helm saat dibonceng atau tidak menggunakan lampu sein ketika berbelok arah.

Untuk itu, Nina berupaya terus menyosialisasikan tertib berkendara kepada kaum ibu-ibu, termasuk membangun kepedulian agar dia bisa mengajarkan atau mengingatkan anaknya di rumah untuk juga selalu mematuhi aturan berlalu lintas di jalan raya.

"Contoh kecil saja, saat mengantarkan anak ke sekolah dibiasakan untuk menggunakan helm termasuk bagi anak yang dibonceng meski jarak antara rumah dan sekolah dekat," ujar Nina.

 MSA
KOMENTAR
500/500